Lombok Mulai Dilirik Sebagai Destinasi Wisata Baru

Data di Kemenpar menunjukkan jumlah kunjungan wisnus di NTB terus meningkat dari tahun ke tahun.
, Majalah Kartini | 03/05/2017 - 13:03

Lombok Mulai Dilirik Sebagai Destinasi Wisata Baru

MajalahKartini.co.id – Kementerian Pariwisata menggenjot terus promosi pariwisata nusantara dengan melakukan terobosan-terobosan baru dalam upaya menyosialisasikan program Pesona Indonesia. Salah satunya kampanye Pesona Indonesia melalui wisata kuliner di 10 destinasi wisata prioritas yang telah ditetapkan, salah satunya adalah Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Selain itu kawasan Mandalika yang sudah ditetapkan sebagai KEK pariwisata juga sedang dikebut untuk menjadi amenitas dan atraksi baru. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa kalau akses, atraksi, dan amenitas sudah hebat tinggal dipromosikan di mancanegara.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sampai tahun 2019 sebanyak 70 juta dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) 265 juta. Sekadar gambaran kunjungan wisnus ke Lombok terus meningkat usai dinobatkannya Lombok sebagai The Best Halal Destination Award 2015 dan The Best Halal Honeymoon 2015 di Abudabi.

Hal ini menguntungkan bagi Nusa Tenggara Barat (NTB) karena membuat banyak orang yang mulai melirik Lombok sebagai destinasi baru. Data di Kemenpar menunjukkan jumlah kunjungan wisnus di NTB terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2013 mencapai 2,49 jta wisnus, kemudian pada 2014 jumlah kunjungan wisnus ke NTB meningkat menjadi 2,51 juta wisnus, dan tahun 2015 kembali naik menjadi 3,01 juta orang.

Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu tidak boleh dilewatkan wisata kuliner halal di Lombok. Untuk itulah Kemenpar menggelar juga Pesona Kuliner Lombok Mandalika yang bertujuan mengangkat “Kuliner Tradisional Nusa Tenggara Barat” di Kawasan Bukit Mandalika, Pantai Kuta Lombok, Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/4). (Foto: Kementerian Pariwisata)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: