Kinerja Sektor Pariwisata Singapura Memecahkan Rekor Tahun 2017

Penerimaan pariwisata meningkat sebesar 3,9 persen menjadi 26,8 miliar dolar Singapura.
, Majalah Kartini | 13/02/2018 - 12:02


MajalahKartini.co.id – Penerimaan pariwisata dan kedatangan pengunjung ke Singapura di tahun 2017 mencapai rekor tertinggi untuk kedua kalinya dalam dua tahun. Penerimaan pariwisata meningkat sebesar 3,9 persen menjadi 26,8 miliar dolar Singapura, terutama karena pertumbuhan jumlah pengunjung dari 10 pasar sumber wisatawan utama dan jumlah kedatangan pengunjung ke Singapura yang semakin meningkat dari pasar-pasar yang memiliki daya beli tinggi seperti China, Korea Selatan, Amerika Serikat dan lnggris.

Kedatangan pengunjung meningkat 6,2 persen menjadi 17,4 juta. Ada 13 pasar sumber wisatawan yang berada dalam urutan 15 besar juga menunjukkan pertumbuhan. Chief Executive Singapore Tourism Board (STB), Lionel Yeo, mengatakan STB sangat senang untuk mengumuman kinerja pariwisata yang mencetak rekor selama dua tahun berturut-turut.

“Upaya bersama dari STB dan mitra industri kami membuahkan hasil yang kuat dalam konteks pemulihan ekonomi global yang lebih baik dari perkiraan, pertumbuhan industri perjalanan Asia Pasifik yang berkesinambungan serta meningkatnya konektivitas penerbangan dan pelayaran ke Singapore. Bersama dengan beberapa inisiatif yang signifikan untuk mendukung inovasi dan daya saing industri, kami membuat kemajuan yang sangat baik di tahun 2017 menuju visi kami tentang pertumbuhan pariwisata yang berkualitas,” ujarnya di Jakarta, Selasa (13/2).

Dari Januari hingga September 2017, penerimaan pariwisata tumbuh kuat di sebagian besar pasar sumber wisatawan ke Singapura yang masuk dalam 10 pasar utama. China (+10 persen), Amerika Serikat (+22 persen) dan lnggris (+24 persen) mencatat pertumbuhan tahun ke tahun (YoY) tertinggi dalam penerimaan pariwisata Singapura. China juga menduduki peringkat tertinggi selama tiga tahun berturut-turut yang diikuti oleh Indonesia.

Berdasarkan Kedatangan Pengunjung lntemasional (2017) 13 dari 15 pasar sumber wisatawan utama ke Singapura mencatat pertumbuhan pada tahun 2017, dengan tujuh di antaranya China, India, Vietnam, Filipina, Amerika Serikat, lnggris dan Jerman juga mencapai rekor kedatangan pengunjung.

Tiga pasar terbesar untuk kedatangan pengunjung adalah China, Indonesia, dan India. Secara khusus, India (+16 persen) mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi, dan bersama China (+13 persen), menyumbang sebagian besar pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara. Pasar lainnya yang disoroti untuk tahun ini adalah Vietnam (+ 13 persen), yang masuk dalam 10 pasar terbaik untuk pertama kalinya. (Foto : Ilustrasi).

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: