Keindahan Indonesia dalam Gelaran Jember Fashion Carnival

Tema besar dalam Jember Fashion Carnival (JFC) ke-16 yakni “Victory” yang berarti kemenangan.
, Majalah Kartini | 14/08/2017 - 10:01

Keindahan-Indonesia-dalam-Gelaran-Jember-Fashion-Carnival

MajalahKartini.co.id – Penampilan sejumlah peserta “Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia” (WACI) dari berbagai daerah memukau ribuan penonton yang memadati “catwalk” sepanjang 1,5 kilometer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8) sore. Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief membuka kegiatan WACI yang diikuti peserta dari Kabupaten Bondowoso yang mengusung busana Islami Nusantara, Best Situbondo Carnaval (BSC) Situbondo, Provinsi Gorontalo yang mengusung tema “MM Karawo Agensy Iksotika, Lo hulondalo” dan yang terakhir dari Kepulauan Riau yang menampilkan kostum legenda Kerajaan Melayu.

Yuk, Tonton Pesona Karnaval Terbesar Ketiga Dunia JEMBER – Jember Fashion Carnival (JFC) terus memesona. Memasuki edisi ke-16 tahun ini, karnaval fashion pertama di jalan raya itu kian meneguhkan posisinya sebagai karnaval terbaik di tanah air. JFC sekarang bahkan sudah diakui sebagai even yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia. ”Saya sangat mengapresiasi kreativitas yang dibawakan para talent serta jajaran manajemen JFC yang semakin baik dari tahun ke tahun. Merupakan kebanggaan bagi kita semua mengetahui JFC kini berada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia,” ujar Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief, Sabtu (12/8). Dalam JFC 2017 ini, tema besar yang diusung adalah ‘Victory’. Nuansanya berisi 10 tema unik yang mempresentasikan perjalanan JFC dalam meraih prestasi di level dunia dalam kategori National Costume. Ke-10 tema unik itu antara lain Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Wonderful of Betawi dan Unity in Diversity. Di netizen, hastag #PesonaJFC2017 dan #PesonaKarnavalJember mewarnai media sosial sejak kemarin. Foto-foto baju-baju khas yang di desain Dynand Fariz itu mewarnai media sosial. Presiden JFC Dynand Fariz mengatakan, JFC berhasil menempatkan diri sebagai karnaval ketiga di dunia setelah NottingHill, Amerika Serikat dan Reunion, Prancis. Dan edisi 2017 menjadi karnaval paling istimewa baginya karena akan ditonton juga secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya pada puncak acara, Minggu, 13 Agustus 2017 . “Sangat istimewa. Insyaallah akan ditonton Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya,” kata Dynand. Siang tadi, Presiden Jokowi dan Menpar Arief Yahya sudah landing di Jember. . Selengkapnya dapat klik link di bio. . #pesonaindonesia

A post shared by Kementerian Pariwisata (@kemenpar) on

“WACI tahun ini terdapat perkembangan dari tahun kemarin, terutama keikutsertaan kabupaten sekitar yakni Kabupaten Situbondo dan Bondowoso,” kata Wakil Bupati A. Muqit Arief dalam sambutannya seperti yang dikutip dari laman berita Antara. Menurutnya karnaval yang dimotori oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) yang dipimpin Dynand Fariz merupakan kegiatan yang bisa mendongkrak perekonomian di daerah dan diharapkan Kabupaten Jember dengan daerah peserta WACI bisa menjalin kerja sama di bidang ekonomi.

Baca juga: Warna-warni Jember Fashion Carnival Ini Begitu Memesona

“Berbagai daerah berpartisipasi dalam kegiatan WACI di Jember, sehingga ke depan Kabupaten Jember juga akan berpartisipasi dalam kegiatan serupa di kabupaten sekitar, sehingga dapat menjadikan sebuah ikatan tali persaudaraan yang sangat produktif dan kerja sama nantinya,” tuturnya.

Ratusan peserta dari berbagai daerah menggunakan kostum yang berciri khas kebudayaan dan kesenian masing-masing daerah, sehingga keanekaragaman karnaval tersebut dapat terlihat dari masing-masing pakaian yang dikenakan peserta. Keunikan kostum yang dipadukan dengan kebudayaan masing-masing daerah tersebut menghipnotis penonton yang hadir dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Kabupaten Jember.

Tema besar dalam JFC ke-16 yakni “Victory” yang berarti kemenangan JFC dalam mengukir prestasi di dunia internasional dan kemenangan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk parade dari 13 penghargaan yang didapatkan JFC. (Foto: Youtube)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: