Industri Pariwisata Semakin Jadi Idola di Tahun 2018

Era digital turut membuka peluang besar terhadap industri pariwisata dan gaya hidup.
, Majalah Kartini | 03/01/2018 - 15:08

MajalahKartini.co.id – Pariwisata diyakini menjadi sektor yang semakin seksi sekaligus menantang pada tahun 2018, seperti yang dilansir dari laman media sosial Kementerian Pariwisata. Hal ini disebabkan karena terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut pengamat ekonomi dan pasar modal PT Perusahaan Pengelola Aset Kapital, Ferry Latuhihin mengatakan, pariwisata akan menjadi salah satu motor penggerak bisnis Indonesia pada tahun ini. “Sektor yang seksi sebenarnya di Indonesia ini adalah tourism, dan sektor ini akan menjadi idola di tahun 2018,” kata Ferry di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ferry menambahkan, pariwisata memiliki potensi yang paling menunjang dibanding sektor lain. Sektor manufaktur serta pertanian tetap prospektif, tapi pertumbuhan manufaktur turun. Namun, imbuhnya, semua pemangku kepentingan harus serius menata industri pariwisata. Semua sumber daya dan strategi harus dikerahkan. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Kata Ferry, hal itu sejalan dengan imbauan Presiden Jokowi. Dalam sebuah acara di Hotel Raffles, Jakarta, November 2017 lalu, Presiden Jokowi menilai bahwa era digital membuat pola konsumsi masyarakat bergeser. Menurutnya, era digital membuka peluang besar terhadap industri pariwisata dan gaya hidup.

Saat itu Presiden Jokowi memaparkan, digitalisasi menyebabkan pergerakan pola konsumsi dari belanja barang ke pengalaman. Pengalaman didapatkan melalui kegiatan berwisata dan memenuhi kebutuhan untuk gaya hidup lainnya. “Pergeserannya dari belanja barang ke wisata. Dari belanja barang ke hiburan,” ujar Jokowi saat itu.

Kebiasaan masyarakat yang melakukan swafoto juga berkontribusi meningkatkan gairah di sektor pariwisata. Banyak lokasi wisata di Indonesia, seperti Labuan Bajo dan Raja Ampat, makin kondang berkat swafoto yang diunggah ke media sosial. (Foto: @indtravel)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: