Bersiap-siap untuk Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Kemenhub bersama seluruh maskapai penerbangan akan membahas rencana kenaikan tarif batas bawah tiket pesawat.
, Majalah Kartini | 19/10/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama seluruh industri penerbangan (maskapai) akan membahas rencana kenaikan tarif batas bawah tiket pesawat kelas ekonomi. Tarif batas bawah ini biasanya digunakan untuk menentukan tarif tiket pesawat saat low season.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dengan melihat perkembangan industri penerbangan semakin meningkat sudah seharusnya dilakukan evaluasi untuk peningkatan harga perihal tarif batas bawah penerbangan. Penetapan tariff batas atas dan bawah tiket pesawat terbang tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

“Dari kalkulasi yang kita lakukan secara average, sudah saatnya kita evaluasi terhadap tarif batas bawah. Karna kami tidak ingin penumpung airline kecewa, jadi harus ada pembelajaran tertentu buat konsumen,” papar Budi Karya dilansir dari Liputan6.com Selasa (17/10). Kenaikan tarif batas bawah ini diharapkan maskapai dapat memberikan kepastian untuk meningkatkan keamanan dan pelayanan di masing-masing perusahan.

Tahapan pembahasan rencana kenaikan ini masih dalam pengumpulan masukan dari berbagai maskapai penerbangan tentang apa saja yang menjadi pertimbangan atas kenaikan dan berapa besar kenaikannya. Kemungkinan kenaikan tarif batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi dari serendah-rendahnya 30 persen menjadi 40 persen terhadap tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan.

“Iya, tarif batas bawah naik jadi 40 persen dari 30 persen, jadi mungkin kenaikaannya 5-10 persen, rata-rata semua maskapai setuju tapi kita akan lihat dulu,” tegas Budi Karya. Aturan revisi penentuan tarif tiket pesawat akan terbit. Namun sayangnya belum dipastikan kapan terbitnya aturan revisi tersebut. (Cindy/Foto: Ilustrasi)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: