Bahaya Unggah Boarding Pass ke Sosial Media

Menggunggah foto boarding pass ke media sosial bisa membahayakan privasi Anda.
, Majalah Kartini | 16/10/2017 - 16:05

MajalahKartini.co.id – Para Traveller atau penyuka traveling biasanya akan mengunggah foto boarding pass nya ke media sosial sebelum melakukan suatu perjalanan wisata. Dengan penggunaan media sosial tersebut dengan mengunggah foto boarding pass dapat berbahaya bagi privasi Anda. Boarding pass untuk masuk ke pesawat adalah suatu dokumen penting, hal tersebut diungkapkan ahli keamanan kepada Business Insider UK.

“Di boarding pass ada barcode dua dimensi dank ode QR yang dapat menyimpan banyak informasi. Kode itu dicetak pada boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak data tentang Anda, termasuk rencana perjalanan yang akan Anda lakukan serta perjalanan Anda sebelumnya,” Jelas ahli keamanan tersebut.

Hal ini nantinya akan berbahaya apabila ada seseorang yang selama ini diam-diam memanfaatkan media sosial untuk mengakses data-data penting tentang Anda atau kehidupan Anda. Seseorang bisa mencari tahu informasi tentang Anda melalui boarding pass tersebut. Informasi seperti nomor telepon, catatan perjalanan lengkap dengan tanggal hingga informasi penting lainnya yang berhubungan dengan pemesanan tiket Anda.

Pada era digital ini, Ada baiknya Anda berhati-hati terhadap orang-orang tidak bertanggung jawab dengan mungkin teknik hacking yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Anda harus melindungi privasi dan data diri agar tidak di salah gunakan oleh pihak tak bertanggungjawab. (Cindy/Foto: Shutterstock)

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: