7 Rekomendasi Wisata Keluarga di Lampung

Banyak pulau dan pantai yang masih asri dengan pasir yang bersih dan air yang jernih. Bahkan, bersama keluarga Anda bisa belajar mengenal lebih dekat dengan gajah, di Pusat Pelatihan Gajah.
, Majalah Kartini | 11/01/2017 - 19:27

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung

MajalahKartini.co.id – Kota yang dikenal dengan sekolah gajah ini memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi bersama orang tersayang atau keluarga. Selain gajah, kota yang kini kian membenahi kepariwisataanya, Lampung juga dikenal dengan keindahan-keindahan pantainya. Destinasi di kota terpadat ke tiga di Pulau sumatra ini juga, buat Anda yang ingin berlibur bersama keluarga banyak pilihan. Berikut rekomendasi tempat wisata keluarga di Lampung:

1. Pulau Tangkil
Objek wisata satu ini bisa menjadi pilihan untuk berwisata pantai dengan ragam olah raga air atau wahana air yang menggoda. Selain itu, objek wisata yang di Telik Lampung ini juga menyediakan arena bertualang bagi keluarga dengan ongkos terjangkau, lho. Mulai dari banana boat, flying fish, snorkeling, kano, jetski, glass bottom boat hingga parasailing yang satu-satunya dan pertama di Lampung.

Satu-satunya di Lampung, parasailing menjadi wahana yang jadi primadona sekaligus jagoan tempat wisata ini. Menikmati keindahan Pulau Tangkil dari ketinggian dengan menggunakan parasailing selain memicu adrenalin, membuat pengunjung akan menyadari bahwa tidak perlu ke Bali untuk sekedar menikmati keindahan pantai.

Buat kamu yang ingin melancong ke sini bersama keluarga, terlabih dahulu harus memasuki kawasan Pantai Mutun, di Kabupaten Pesawaran. Karena lokasi pulau ini persis berhadap-hadapan dengan Pantai Mutun. Namun anda tidak perlu khawatir, meski berada di kabupaten, lokasi Pulau Tangkil dan Pantai Mutun relatif dekat dengan Bandar Lampung, hanya 30 menit. Jarak tempuh dari Mutun ke Pulau Tangkil hanya sekitar 10 menit.

ketika sudah di pantai, banyak sekali pondokan dengan luar 4x3m untuk beristirahat atau sekadar duduk santaik. Spot-spot seperti ini tersedia dari ujung ke ujung. Buat kamu yang sudah datang dan hanya menikmati pantai dengan melihat dan berteduh dipondokan, dijamin menyesal setelah pulang. Pasalnya air biru yang jernih dengan angin pantai yang semilir khas pantai begitu menggoda untuk mencumbu indahnya pantai. Kondisi pantai di sini tergolong bersih. Airnya sangat jernih, dengan visibilitas yang terbilang sempurna. Pasir pantai yang putih pun minim dari sampah yang bertebaran. (Foto: tribunnews)

2. Pulau Pahawang

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung1
Pulau ini merupakan sebuah pulau di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang ini terbagi menjadi dua yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Di Pulau Pahawang Besar, pemukiman penduduk bisa terbilang lebih banyak dari pada Pulau Pahawang Kecil yang hanya ada satu Cottage milik warga asing yang jarang ditempati. Pulau Pahawang Kecil dapat ditempuh kurang lebih sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar.

Pulau Pahawang ini merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia, lho. Sayangnya, pulau ini belum banyak diketahui oleh para traveller. Padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, cukup satu hingga dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Keindahan bawah laut menjadi destinasi yang bagus di pulau ini. Buat Anda dan keluarga yang hobi snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut, Pulau Pahawang adalah destinasi wisata yang sangat tepat. Selain melihat alam bawah laut, pantai di Pulau Pahawang juga sangat indah dengan hamparan pasir putih dan pemandangan alam di sekitar Pulau Pahawang bisa jadi objek fotografi.

Rute menempuh pantai ini dari Kota Bandar Lampung, ikuti petunjuk jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin. Ada banyak jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin, cobalah berhenti sesekali untuk bertanya kepada penduduk setempat. Jika sudah sampai Pelabuhan Perikanan Lempasing, anda bisa sedikit tenang karena jalan ke tempat tujuan sudah tidak membingungkan lagi.

Terus ikuti jalan, akan melewati beberapa tempat wisata lain di Lampung seperti Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, dan Pantai Mutun. Setelah sampai di Pasar Padang Cermin, ambil jalan ke kiri. Disini ada petunjuk arah menuju Punduh Pidada/Teluk Ratai. Ikuti saja jalan hingga anda menemukan Gerbang / Gapura bertuliskan Pantai Ratai/Teluk Ratai. Berhenti dan parkirkan kendaraan disini. Kemudian, harus menyewa perahu untuk dapat menuju ke Pulau Pahawang, maksimal 1 perahu boleh dinaiki hingga 12 orang. Setelah berlayar dengan perahu selama kurang lebih 30 menit, kamu akan sampai ke tempat tujuan anda, Pulau Pahawang. (Foto: reservasi.com)

3. Pantai Pasir Putih

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung
Destinasi lain yang bisa dinikmati di Lampung, yaitu wisata pantai yang berlokasi di Desa Tarahan, Lampung Selatan, yakni Pamntai Pasir Putih. Pantai ini hanya berjareak 20 kilometer dari kota Bandar Lampung. Pantai yang elok dan memukau mata ini bisa ditempuh tanpa perlu bersusah payah atau memakan waktu banyak. Perpaduan pasir yang putih dengan pepohonan yang melambai saat disisir angin laut serta air yang biru membuat seolah pantai ini bak lukisan. Kamu akan dibuat takjub dan terpana.

Di sini bersama orang yang tercinta baik kekasih atau keluarga, tepat sekali. Menghabiskan waktu untuk sekadar tiduran, berjalan-jalan menyusuri pantai atau menjadi objek foto pun membuat kamu bisa lebih refresh menghabiskan liburan. Bagi pecinta olahraga air, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Beberapa kegiatan yang menarik seperti berenang, kano dan berpetualang dengan perahu nelayan bisa dilakukan.

Bahkan, tak jauh dari pantai ini, kamu bisa bereskplorasi ke pulau kecil seperti Pulau Condong. Menuju pulau ini kamu bisa menyewa boat atau perahu nelayan setempat. Bahkan kamu bisa menyaksikan keramba yang dipasang para nelayan. (Foto: ragamwisataid.blogspot.com)

4. Pantai Mutun

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung2
Pantai dengan pasirnya yang bersih memang Lampung salah satu juaranya. Seperti halnya di Pantai Mutun ini. Pantai yang terletak di Kecamatan Padang Cermin, kabupaten Pasawaran, Lampung. Ini tepat untuk wisata keluarga. Tempatnya yang tidak jauh dari kota Bandar lampung, yakni hanya 45 menit. Selama 45 menit itu, kamu pasti tidak akan merasakan bosan, pasalnya akan disuguhi pemandangan pinggir pantai di sebelah kiri dan juga bukit-bukit serta gunung kapur di sebelah kanan. Setelah sampai di gang dengan bertuliskan Pantai Mutun, pertama-tama anda akan melewati kebun dengan pohon dan rerumputan yang tinggi, Setelah itu baru sampailah anda di Pantai Mutun tersebut.

Pantai Mutun mempunyai ombak yang tenang dan tidak berbahaya, disana banyak terdapat fasilitas sarana permainan seperti, banana boat, donut boat, jetski, dan waterboom. Perbedaannya waterboom di sini, terbagi dua, air asin dan tawar. Waarterboomnya juga terletak di tengah pantai. Sensasinya akan langsung terjun ke laut setelah meluncur dari waterboom ini. Waterboom ini aman dari batuan karang.

5. Teluk Kiluan

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung4

Wisata alam Pulau/Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Liburan di sini bersama keluarga sangat direkomendasikan. Apalagi kamu juga yang suka berpetualang. pasalnya topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Pantai di Teluk Kiluan yang cocok untuk dijadikan “Getaway Destination”. Telah banyak juga penginapan atau rumah panggung yang cukup layak dijadikan tempat menginap selama berlibur.

Di pulau ini, kamu beserta keluarga bisa melihat kumpulan Lumba-Lumba yang jumlahnya ratusan ekor. Setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan ini, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. Konon, kumpulan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbesar di Asia. Bahkan, di Dunia.

Wisatawan yang berminat menyaksikan dari dekat Lumba-Lumba di Habitat aslinya bisa menyewa Perahu Katir. Jika beruntung, Wisatawan juga bisa menyaksikan Penyu Hijau, yang di waktu-waktu naik ke permukaan Laut. Waktu untuk melihat para lumba-lumba itu di pagi hari dari pukul 06.00 – 10.00. Selain itu, bisa juga menikmati pantai dan mengelilingi pulau dengan perahu Ketir menikmati pemandangan pulau yang elok.

Sore hari, kamu bisa melihat primata berbulu hitam dan bersuara nyaring saling bersahutan. Ya, siamang (symphalangus syndactylus) dan Simpai (Presbythis Melalops) serta Kukang (Nycticebus Coucang). Untuk bisa mencapai teluk ini, jarak tempuh dari kota bandar lampung kurang lebih sekitar 80 kilometer atau 3-4 jam perjalanan. (Foto: wisatatelukkiluan.com)

6. Menara Siger

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung5
“Plesir ke Tanah Lampung belum sah jika kita tidak menginjakkan kaki di Kompleks Menara Siger,” begitulah kata orang lampung. Tidak hanya memiliki banyak destinasi wisata pantai dan laut. Bahkan banyak landmark yang memiliki daya tarik sendiri. Salah satunya Menara Siger ini. Landmark yang akan pertama kali kita lihat saat memasuki pulau sumatra ini sangat kental dengan nuansa khas lampung. Menara ini merupakan paduan antara land mark dan pariwisata. Menara Siger di bangun di atas bukit sebelah barat Pelabuhan Bakauheni.

Menara ini dilengkapi dengan sarana informasi mengenai peta wisata seluruh kabupaten/kota Lampung. Menara ini diresmikanoleh Gubernur Lampung Jachroedin Z.P pada 30 April 2008. Keindahan landmark ini, di sekitar tugu dibangun ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung serta sarana-prasarana pariwisata. Selain itu, menera ini juga dilengkapi dengan tulisan penanda titik nol Pulau Sumatera. Bahkan jika kamu ingin melihat pantai-pantai di Lamping, menara yang berwarna emas ini dilengkapi ruangan untuk melihat pelabuhan Bakauheuni dan keindahan panorama laut para pantai nan indah itu. (Foto: ksmtour.com)

7. Taman Nasional Way Kambas

7-rekomendasi-wisata-keluarga-di-lampung6jpg
Buat kamu yang bingung mengajak buah hati atau keluarga besar untuk berwisata bisa melihat gajah langsung selain kembun binatang. Bisa menjadi rekomendasi adalah Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Berlokasi di ujung selatan Pulau Sumatera, jaraknya 110 km dari Kota Bandar Lampung. Tempat ini merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia yang menempati lahan seluas 1.300 km² berupa dataran rendah di sekitar Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.

Tempat wisata Way kambas ini didirikan oleh pemerintah Belanda pada 1937. Kemudian pada 1985 didirikanlah Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas. Kemudian, di Pusat Pelatihan Gajah (PPG) terdapat atraksi gajah setiap sore dan pertunjukan sepakbola gajah. Kemudian, kamu juga bisa menunggangi gajah dengan wahana safari yang tersedia. Buat yang beruntung, bisa melihat gajah-gajah liar. Seru berlibur bareng keluarga sambil belajar mengenal gajah di sini. (Sopan Sopian/Foto: Panabiru.com)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: