6 Cara Tetap Bisa Berlibur Saat Musim Hujan Melanda

Beberapa cara ini bantu Anda tetap asyik berwisata saat musim penghujan.
, Majalah Kartini | 14/11/2017 - 10:07

MajalahKartini.co.id – Musim hujan saat liburan terkadang menjadi halangan bagi Anda untuk berwisata. Namun tidak perlu khawatir, Anda hanya harus melakukan persiapan ekstra agar wisata tetap seru walaupun di musim hujan. Dilansir dari kompastravel, berikut beberapa cara tetap asik berwisata saat musim penghujan.

1. Cek perkiraan cuaca

Sebelum menjalankan wisata pada liburan Anda, ada baiknya mengecek terlebih dahulu perkiraan cuaca sehari sebelumnya. Selain bisa melakukan persiapan, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat. Anda bisa mengecek prakiraan cuaca tersebut di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika) atau perkiraan cuaca pada aplikasi smartphone Anda.

2. Sedia payung dan jas hujan

Tidak ada salahnya menyediakan payung dan jas hujan saat musim penghujan melanda. Selain payung bisa dipakai untuk mencegah kehujanan, juga bisa untuk mencegah sinar matahari menyengat kulit Anda. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa jas hujan sebagai pengganti payung Anda.

3. Perhatikan pakaian

Suhu semakin menurun atau semakin dingin saat musim hujan. Persiapkan pakaian yang bisa membantu menghangatkan tubuh seperti sweater atau jaket tebal. Persiapkan pula baju ganti apabila Anda kehujanan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sandal agar sepatu yang Anda miliki tidak cepat rusak terkena air hujan. Yang terpenting jangan lupa sediakan kantong plastik untuk tas maupun baju-baju basah Anda.

4. Cari destinasi indoor sebagai alternatif

Ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu destinasi liburan jika sedang memasuki musim penghujan. Anda tidak mau kan liburan ke pantai malah berubah menjadi sangat dingin saat Anda berenang nanti bahkan ombak besar menyapu Anda? Anda bisa menentukan tempat wisata indoor sebagai destinasi liburan Anda. Baik pusat perbelanjaan, museum, pameran dan lain-lain.

5. Wisata kuliner penghangat badan

Selain merencanakan tempat wisata indoor, Anda juga bisa merencanakan wisata kuliner ke restoran atau gerai-gerai makanan di daerah setempat. Selain untuk menghabiskan waktu liburan, Anda juga bisa memilih kuliner berkuah hangat sebagai penghangat badan Anda. Mulai dari bakso kuah, soto mie, minuman hangat seperti jahe juga siap menemani santapan Anda.

6. Menjaga kondisi tubuh

Hal paling penting dari melakukan perjalanan wisata pada musim penghujan yaitu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit. Dengan stamina yang maksimal maka tentu perjalanan Anda tidak akan terhambat. Minumlah vitamin atau banyak makan buah dan sayur sebelum berwisata untuk menjaga stamina Anda. Kurangi minum minuman dingin dan perbanyak konsumsi air putih serta minuman hangat seperti jahe juga bisa membantu menjaga stamina Anda. (Cindy/Foto: Ilustrasi)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: