Safer Internet Day, Google Beberkan Tips Berinternet Aman

Google Indonesia bersama Security Princess Parisa Tabriz, Director of Engineering Google merayakan Safer Internet Day,
, Majalah Kartini | 08/02/2017 - 13:22

Safer Internet Day, Google Beberkan Tips Berinternet Aman

MajalahKartini.co.id – Google memperingati Safer Internet Day atau Hari Internet Aman yang jatuh pada 7 Februari 2017. Dalam peringatan tahun ini, Google berkomitmen untuk memberikan internet yang aman bagi pengguna produk Google di seluruh dunia. Google Indonesia pun menggandeng Director of Engineering Google, Parissa Tabriz dengan cara mengadakan conference call, Selasa (7/2) di Kantor Google Indonesia, Jakarta.

Tabriz yang dikenal sebagai ‘Security Princess Google‘ itu memaparkan misi yang diusung oleh divisinya untuk membuat seluruh produk Google lebih aman. Ia pun telah bekerja untuk keamanan informasi di Google selama hampir satu dekade. Perempuan berambut pirang ini mengawali karirnya sebagai hired hacker software engineer untuk tim keamanan Google. Sebagai seorang engineer, ia menemukan dan mengamankan puluhan ‘lubang’ pada keamanan dalam aplikasi web Google, dan mengajarkan engineer.

Tabriz yang tercatat juga mengajar di Harvard Kennedy School ini lantas menjelaskan lima tips keamanan saat berselancar di dunia maya.

Tips tersebut antara lain:

1. Mencurigai bantuan yang tidak diminta/gratis.
Pastikan untuk mencurigai bantuan-bantuan yang bersifat gratis. Kalau ada pihak yang memberikan hal-hal gratis baik melalui email, peramban, dan lain-lain harus dicurigai. Pastikan untuk tak langsung mengiyakan.

2. Jangan menggunakan kembali atau berbagi kata sandi yang sama
Hal ini hanya akan menjadi masalah jika penyerang mengetahui salah satu sandi dan ia mencoba menggunakan sandi tersebut di situs lainnya.

3. Jangan log in di komputer bersama dan memverifikasi pengaturan keamanan akun
Hal tersebut sangat jauh dari perilaku berinternet aman. Bisa saja, saat menggunakan komputer yang sama, terdapat keylogger yang mampu membaca apapun yang telah diketik di komputer.

4. Mengetahui seluruh perangkat lunak atau aplikasi yang di install pada komputer dan ponsel anda
Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui dan mengontrol aplikasi manakah yang aman dan tidak.

5. Pastikan program/aplikasi selalu up to date
Software itu layaknya organisme hidup. Adanya pembaruan dapat berfungsi untuk menghilangkan bugs atau memperbaiki perangkat lunak. Oleh karenanya, pastikan untuk meng-install update terbarunya. (Foto:istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: