Nantinya, Bayar Tol Juga Bisa Pakai Ponsel

Pembayaran tol nontunai akan diberlakukan 100 persen mulai 31 Oktober 2017.
, Majalah Kartini | 12/10/2017 - 16:02

MajalahKartini.co.id – Pembayaran tol secara nontunai akan diberlakukan 100 persen di seluruh Indonesia mulai 31 Oktober 2017 mendatang. Program tersebut ditetapkan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang transaksi nontunai di jalan tol.

“Program yang mendukung Gerakan Nasional Nontunai ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan transaksi pembayaran di pintu tol yang pada akhirnya akan meningkatkan aktivitas ekonomi nasional,” Jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DKI Jakarta, Doni P Joewono.

Doni juga mengungkapkan, adanya penerapan elektronifikasi pembayaran di jalan tol ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar adanya kemudahan untuk memperoleh kartu uang elektronik dan melakukan pengisian uang saldo. Tidak menutup kemungkinan, adanya inovasi terbaru pembayaran di gerbang tol seperti pengguna jalan tidak perlu lagi menggunakan uang elektronik untuk membayar.

Pembayaran yang dimaksud Doni yaitu menggunakan fitur NFC atau Near Field Communication. Fitur tersebut terdapat pada ponsel android dan sudah disediakan beberapa bank. “Didorong pakai NFC, ada di (ponsel) android, bisa ditempel. Sehingga tidak perlu turun dari mobil, tinggal temple,” tutur Doni.

Kepala Kantor Wilayah 15 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Jakarta Kemayoran, Indomora Harahap menjelaskan, perseoran terus mempermudah masyarakat dalam melakukan pengisian ulang saldo. Selain melalui kanal konvensional seperti ATM ataupun EDC, masyarakat memanfaatkan kanal elektronik seperti mobile banking, internet banking dan NFC.

“NFC juga sudah disiapkan, bisa top up tanpa perlu datang ke outlet, basisnya android,” ujar Indomora. Selain BNI, bank lain juga sudah memberikan layanan NFC adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dengan menyediakan layanan Mandiri Online agar konsumen mudah melakukan topup uang elektronik e-Money. (Cindy/Foto: Kompasfoto)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: