Game Anak, Belajar Asyik Sambil Bermain

Game tidak selamanya punya pengaruh buruk, game yang berkonten edukasi bisa jadi pilihan bagi buah hati.
, Majalah Kartini | 15/02/2018 - 21:03

MajalahKartini.co.id – Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mencapai puncaknya. Perkembangan terjadi pada hampir setiap aspek kehidupan, baik itu aspek pendidikan maupun aspek sederhana lainnya (contohnya: bermain). Namun seiring dengan masifnya perkembangan teknologi tersebut, terdapat dampak positif dan negatif yang dihasilkannya.

Berbicara tentang dampak positif, tentu hal tersebut dapat terlihat dari semakin mudahnya seseorang dalam bekerja, berkomunikasi, dan mendapatkan informasi secepat mereka memesan kopi di kedai kopi. Namun jika berbicara tentang dampak negatif, tentu hal inilah yang menjadi sorotan utama dalam perkembangan masif teknologi.

Dampak negatif tersebut tidak hanya terlihat dari bermunculannya berita-berita negatif yang seolah-olah berkembang biak tanpa bisa dihentikan. Namun dalam aspek bersosialisasi pun demikian, sudah bukan hal yang tabu lagi jika kita melihat anak-anak lebih sering bermain dengan gadget ketimbang bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Fenomena seperti ini lazim ditemui di berbagai tempat dan sudah seperti efek domino, ada beberapa orang tua yang merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Realita tersebut tidaklah harus dipandang sebagai suatu yang mengganggu atau mengancam, tetapi hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan yang lebih positif melalui berbagai terobosan di bidang edukasi anak.

Satu dari sekian banyak terobosan tersebut ialah melalui permainan digital atau game. Game secara psikologis dapat merangsang keingintahuan anak jauh melampaui umurnya dan game bisa merangsang sisi kreativitas anak dalam mengembangkan diri serta memecahkan masalah.

Fenomena inilah yang mendorong Agate untuk menyediakan sebuah platform game yang berbasis pada dua hal, yakni edukasi dan hiburan. Penggabungan kedua hal tersebut bukan tanpa sebab, penggabungan edukasi dan hiburan dimaksudkan agar anak dalam menerima pembelajaran tentang agama tidak terlalu kaku dan terkesan satu arah. Melainkan dapat menikmatinya dengan cara yang anak sukai. Salah satu game yang dikembangkan Agate untuk menjawab tantang tersebut ialah “Game Anak Sholeh”.

Game Anak Sholeh adalah produk game edukasi Islami yang berbasis pada pendidikan pengenalan akhlak Islam untuk usia dini.Game ini dikemas dalam sebuah cerita petualangan yang menghibur, namun dalam setiap episode petualangannya disisipi misi-misi ibadah yang bisa membuat anak betah belajar agama.

Game ini dapat membantu orang tua dalam memberikan dan mengenalkan pendidikan dasar agama Islam, yang meliputi pengenalan wudhu, doa harian, huruf hijaiyah, tutorial sholat, kisah nabi dan rasul, serta beberapa pengetahuan lainnya.

Konten yang ada di dalam game ini telah mengalami berbagai penyaringan, sehingga sangat aman untuk anak-anak. Termasuk tidak adanya iklan di dalam aplikasi, supaya anak lebih bebas berpetualang saat sedang bermain game. Selain berbentuk digital (baca: software), game ini juga dilengkapi dengan paket fisik yang bisa meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak.

Selain Game Anak Sholeh, ada pula aplikasi Pendamping Anak Sholeh, yaitu aplikasi yang dibuat khusus untuk orang tua. Aplikasi ini terhubung ke Game Anak Sholeh. Sehingga orang tua bisa mengontrol, memberikan support, dan melihat aktivitas anaknya bermain game. Di dalam fitur Pendamping Anak Sholeh terdapat beragam fitur. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak. (Foto: ilustrasi/shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: