Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival

Food & Art Festival sendiri dibuka mulai hari ini, 3 Agustus hingga 31 Agustus mendatang.
, Majalah Kartini | 04/08/2017 - 15:02

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival

F&B Tenants memperkenalkan makanan unggulan restoran masing-masing

MajalahKartini.co.id – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus mendatang, banyak acara bertema kemerdekaan diadakan di beberapa wilayah Indonesia. Biasanya, perlombaan panjat pinang hingga balap karung menjadi beberapa kegiatan yang turut menyemarakkan perayaan ini.

Namun, tak hanya perlombaan, berbagai hidangan khas Nusantara pun biasanya turut ditawarkan oleh restoran hingga hotel. Indonesia yang dikenal memiliki keberagaman kuliner bercita rasa tinggi dari Sabang sampai Marauke membuat makanan khas Nusantara tak pernah luput untuk disajikan di saat Hari Kemerdekaan RI.

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival 2

Zamri Mamat, Stella Kohdong, Petty Elliot sedang memotong tumpeng tanda dibukanya Indonesia Food & Art Festival (foto: doc Plaza Indonesia)

Salah satu yang turut menyemarakkan perayaan ini adalah Plaza Indonesia. Digelar pertama kalinya, Plaza Indonesia menghadirkan acara bertajuk Indonesia Food & Art Festival.

Selama sebulan ke depan, acara ini akan memanjakan lidah para penikmat kuliner dalam bersantap makanan khas Nusantara. Acara yang sengaja diadakan untuk mempererat rasa nasionalisme masyarakat Indonesia itu menghadirkan berbagai hidangan dari beberapa gerai makanan pilihan yang berlokasi di Plaza Indonesia.

3f681fdb-0be1-439a-adc4-bc93fef1697b

Iga Bakar Bumbu Bali dari Immigrant (foto: doc Plaza Indonesia)

“Kami ingin mengajak kaum urban untuk lebih mencintai negara dan budayanya sendiri dengan menyelenggarakan acara Indonesia Food & Art Festival. Melalui acara ini kami ingin mendukung industri kuliner Indonesia, sekaligus memperkenalkan masakan Nusantara ke mata dunia,” ujar Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communication PT. Plaza Indonesia Realty Tbk., menjelaskan tentang tujuan acara ini dalam konferensi pers Food & Art Festival, di Function Hall, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (3/8).

Beberapa gerai pun turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka menyajikan hidangan yang dimodifikasi menjadi lebih modern, baik dari segi rasa maupun cara penyajiannya.

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival 6

Rendang 7 Rasa dari Sari Ratu

Misalnya seperti Sari Ratu yang menyajikan Rendang 7 Rasa, MDL dengan Liwetan 17 Provinsi, Kafe Betawi yang menghidangkan Nasi Goreng Melinjo dan Nasi Jenggo, Rempah Kita dengan aneka makanan khas Manado, dan Cork & Screw dengan aneka minuman cocktail non-alcohol. Ada pula Kichenette yang khusus menyajikan berbagai macam dessert yang dimodifikasi dengan cita rasa Indonesia, AMKC Atelier yang menghidangkan masakan khas Indonesia dengan plating yang lebih modern, serta gerai F&B lainnya yang bisa kamu temukan langsung di acara ini.

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival 4

Liwetan 17 Provinsi dari MDL (foto: doc Plaza Indonesia)

Menariknya, tak hanya restoran khusus masakan Indonesia saja yang terlibat dalam acara ini. Beberapa restoran yang biasa menyajikan hidangan Barat juga ikut berpartisipasi khusus menghidangkan masakan Indonesia dengan gaya Nusantara. Sebut saja Bistro Baron yang menghidangkan rawon dengan menggunakan daging sapi Amerika yang lembut.

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival 3

Turut memberi sambutan, Petty Elliot, chef dan food writer (foto: doc Plaza Indonesia)

Petty Elliot, seorang chef dan juga food writer yang turut hadir dalam pembukaan Food & Art Festival juga menuturkan rasa bangganya atas berlangsungnya acara ini. “Makanan punya peranan yang penting bagi perkembangan sebuah negara. Karena setiap makanan punya roh yang mampu mengenalkan budaya daerah tersebut,” tutur Petty.

“Development Indonesian food saat ini sangat baik sekali. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perkembangannya sangat progresif. Oleh karena itu, saya sangat bangga atas diselenggerakannya acara Food & Art Festival,” sambungnya.

Sambut Kemerdekaan, Plaza Indonesia Gelar Indonesia Food & Art Festival 5

Iga Garang Asem dari Immigrant (Foto: doc Plaza Indonesia)

 

4e328ecc-79e5-4e66-a749-8a3a77d8f6ed

Lontong Medan Spesial dari Nannini Resto

fca8a9a0-a226-481e-9340-13b0f59d7d4e

Snack Zone (Foto: doc Plaza Indonesia)

Selain menawarkan berbagai jenis makanan khas Nusantara, acara ini juga akan dimeriahkan dengan Master Class Cooking bersama Fernando Sindu dan Petty Elliot pada tanggal 22 Agustus mendatang di Seven Friday. Untuk para food blogger atau foodies lovers, Plaza Indonesia juga akan menggelar Food Styling Photo Competition yang berlangsung pada tanggal 9 Agustus di restoran MDL. (Foto: Evi Indria)

Tags: , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: