Rijsttafel, Paduan Menu Nusantara dan Mancanegara

Rijsttafel merupakan istilah yang lahir dari akulturasi antara budaya pribumi dengan budaya Belanda.
, Majalah Kartini | 09/03/2017 - 19:12

Rijsttafel Paduan Menu Nusantara dan Mancanegara

MajalahKartini.co.id – Rijsttafel adalah istilah yang amat populer pada masa kolonialisme Belanda di Indonesia pada abad ke-19, yang dapat diartikan sebagai hidangan. Rijsttafel merupakan istilah yang lahir dari akulturasi antara budaya pribumi dengan budaya Belanda, dan selanjutnya ini digunakan dan dikenal secara turun-temurun oleh orang Belanda yang berdomisili di Indonesia, sebagai hidangan khas Indonesia yang ditata lengkap di atas meja makan.

Titik berat Rijsttafel ditujukan pada cara penyajian dan kemeriahannya. Masakan yang disajikan merupakan penggabungan antara masakan nusantara, Asia, dan masakan barat, dengan komposisi hidangan yang biasanya terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup yang disajikan secara bersamaan. Adapun jenis hidangan yang disuguhkan biasanya adalah nasi, sayur-sayuran, dan hidangan pelengkap yang berasal dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia.

“Kami sangat tertarik untuk mengangkat Rijsttafel yang memiliki nilai-nilai historis kuliner Indonesia yang sudah sangat jarang disajikan. Ide ini kami adaptasi untuk memberikan sentuhan budaya yang kental dan membuat suasana makan malam lebih hangat, meriah dan kekeluargaan,” ujar Suhairi Idris, Chef Bintang Lagoon Resort (BLR) dalam rilisnya Kamis (9/3). Lebih lanjut ia mengatakan, mereka juga memiliki cara yang menarik untuk menyajikan menu Ritjsttafel yang hadir di Restoran Nelayan di BLR. “Makanan disajikan secara unik dengan menggunakan nampan kayu berukuran besar sepanjang satu meter yang ditopang oleh dua orang pelayan,” tambah Suhairi.

Rijsttafel ala Nelayan BLR menawarkan menu nusantara, seperti gado-gado, soto ayam, cumi Nelayan, udang bakar, Ikan panggang, tongseng kambing, nasi putih dan nasi kuning, acar, sambal dan emping, serta hidangan penutup pisang goreng dengan es krim vanila, yang masing-masing diolah secara khas ala Restoran Nelayan. Menikmati sajian menu Rijsttafel bersama orang terdekat di restoran nelayan yang berlokasi di pinggir pantai sambil menikmati suasana malam dan pemandangan laut Cina Selatan yang menakjubkan akan menjadi momen yang tidak terlupakan.(Foto: Dok. BLR)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: