Pecel Komplet dengan Sambal Kacang Legit

Nasi Pecel Mbah Surip menjadi salah satu jujukan kuliner malam di Kota Semarang.
, Majalah Kartini | 14/02/2018 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Sarapan nasi dengan lauk pecel dan teman-temannya sudah sering ya, nasi pecel disiram kuah saus kacang, tapi bagaimana kalau nasi pecel nan lezat disajikan pada malam hari, di mana biasanya kalau malam hari rata-rata kita lebih suka makanan berkuah.

Yup, kamu akan temukan pemandangan yang menarik saat melintas di Jalan Mataram, Semarang. Di salah satu ruas jalan terdapat warung dengan konsep sederhana ala kaki lima tapi sungguh ramai luar biasa.

Para pengunjung yang rata-rata selepas bekerja, mulai dari sekumpulan anak muda yang melepas penat hingga para orangtua tampak menikmati sajian pincuk mereka masing-masing,  duduk manis mengitari meja yang isinya “pepak” dengan sayuran pecel, sambal kacang, kerupuk legendar dan aneka lauk.

Berdiri 14 tahun yang lalu oleh Mbah Surip, meski warung ini belum lama tapi resep sambal kacang sudah ada puluhan tahun lalu dan diwariskan secara turun temurun. Konsep yang kali pertama terlihat adalah kesederhanaan, tak heran meski warung pecel ini selalu jadi jujugan para pelancong dan masyarakat setempat. Sampai saat ini tetap bertahan dengan konsep warung PKL, tidak diubah menjadi resto dan sejenisnya.

Hal itu juga dituturkan oleh Warso, salah satu keponakan Mbah Surip, “Kami ingin ada kebersamaan dan keakraban antar penjual dan pembeli,” ungkap Bapak yang bertugas membuat aneka minuman ini. Tak dimungkiri hal itu pun menjadi daya magnet pengunjung untuk datang kembali. Mereka bisa menyantap nasi pecel sekaligus mengambil lauk favorit mereka sendiri. Asyik bukan?

Sajian nasi pecel menggunakan daun pisang atau dikenal dengan pincuk, porsi lengkap bisa pakai nasi pecel atau bakmi pecel. Satu porsi berisi aneka macam sayur mulai dari daun pepaya, bayam, tauge, kol, kacang panjang, kembang turi, timun, kemangi, bantal atau dikenal dengan martabak mini dan tak ketinggalan kerupuk gendar. Bila ingin nambah lauk juga tersedia aneka gorengan dan sate dibumbu bacem.

Harga  nasi atau bakmi pecel lengkap dibandrol satu porsi 10.000, mengagetkan karena Mbah Surip dalam sehari bisa menghabiskan 50 kilogram sambal pecel, selain untuk digunakan di warung juga ada pesanan yang dikirim ke luar kota, meski tanpa merek tetapi selalu dicari pelanggan dari mana saja.

Tak heran karena sambal pecel Mbah Surip ini memang enak dan legit, kekentalannya juga pas. Jadi, jika Anda melintasi Kota Semarang jangan lupa untuk sejenak mencicip nasi pecel Mbah Surip. (Foto: Ecka Pramita&Gumaya)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: