Keseruan Kreasi Masakan Indonesia Di Kompetesi Food Plating

Selain seni memasak, para chef juga biasanya memiliki keahlian dalam seni menata makanan.
, Majalah Kartini | 17/12/2017 - 11:15


MajalahKartini.co.id – Makanan yang sama tapi harganya bisa tidak sama. Selain soal rasa, yang membedakan nilai suatu makanan adalah cara menyajikannya. Selain seni memasak, para chef juga biasanya memiliki keahlian dalam seni menata makanan.

Dari mata turun ke hati, lalu ke perut. Begitulah sejatinya suatu makanan. Memang makanan itu untuk dimakan, bukan hanya dilihat sampai kenyang. Tapi untuk menggugah selera perlu tampilan dan aroma yang menggoda, kan?

Pada sabtu lalu (9/12) acara final ZEN Food Plating Competition. Food Platting adalah teknik penataan dan penyajian makanan di atas piring dengan memperhatikan posisi dan komposisi makanan agar menunjukan nilai seni dan kualitas yang tinggi. Jadi lomba ini bukan lomba memasak, tetapi lomba menyajikan makanan.

Lombanya cukup unik karena para peserta mengikuti kontes ini dengan mengunggah masakannya di media sosial. Tentunya dengan penyajian yang apik dan cantik. Para peserta adalah 10 finalis kategori profesional dan 10 finalis kategori non-profesional. Kompetisi ini diselenggarakan oleh ACMI (Aku Cinta Masakan Indonesia), William Wongso Kuliner, dan ZEN Tableware.

Para finalis diberi waktu 30 menit untuk menyajikan masakannya menggunakan ZEN Tableware dari katalog ZEN Tableware yang disediakan panitia. Terdapat ratusan foto kuliner Indonesia yang diunggah ke facebook dan Instagram dengan penyajian yang tidak meninggalkan nilai seni.

Para peserta food plating diharapkan menampilkan masakan masing-masing dengan sekreatif mungkin dengan tagar #ZenFoodPlatingCompetition untuk mengikuti lomba. Bukan hanya sekedar menyajikan, tetapi juga harus memperhatikan komposisi kandungan. Peserta juga wajib menyertai resep masakannya di keterangan sehingga memiliki manfaat bagi masyarakat luas.

“Kompetisi ini diharapkan dapat diselenggarakan secara rutin satu tahun sekali, untuk terus meningkatkan penuh cita rasa, serta pemilihan piranti makan yang mendukung, sebagai bagian dari persiapan penyajian hidangan bagi keluarga maupun bagi penikmat kuliner Indonesia,” ujar Om William Wongso, pakar kuliner Indonesia yang menjadi salah satu juri di kompetisi ini. Dengan memanfaatkan media yang ada dan dilakukan dengan rutin, kuliner Indonesia semakin menyebar ke seluruh dunia. Tentunya dengan membawa citra yang positif.(Foto : Istimewa)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: