4 Pilihan Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Hindari menu berbuka puasa yang mengandung lemak dan gula cukup tinggi. Sangat disarankan untuk memilih hidangan berbuka yang tidak mengganggu proses detoksifikasi tubuh. 4 pilihan takjil berikut ini dapat menjadi jawabannya!
, Majalah Kartini | 17/05/2018 - 10:00

Tak terasa bulan Ramadhan sudah datang kembali menyapa kita. Anda pasti sudah mulai memikirkan kudapan apa yang akan disajikan untuk keluarga sebagai takjil berbuka puasa, bukan? Berikut kami rekomendasikan empat takjil lezat dan sehat yang dapat Anda coba!

  1. Fruit Bowl

Berbuka puasa dengan buah adalah hal yang sangat baik. Gula yang dikandung dalam buah lebih mudah dicerna dan tidak langsung menaikkan gula darah seperti gula tebu. Pankreas Anda tidak akan ‘kaget’ karena harus tiba-tiba memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Anda dapat mencampur buah-buahan seperti stroberi, blueberry, pisang, mangga, dan jeruk kedalam mangkuk Anda, kemudian guyur dengan yoghurt rendah lemak. Anda dapat pula menaburi chia seed bila suka. Selain baik untuk membantu proses detoksifikasi, badan Anda akan cepat kembali segar dengan asupan vitamin dalam buah. Plus, pencernaan jadi lancar karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik untuk usus.

 

  1. Chicken Salad

Semangkuk chicken salad dengan rasa gurih segar dapat Anda coba sebagai hidangan buka puasa. Menyiapkannya betul-betul mudah. Cukup dengan pan-grill dada ayam dengan sedikit garam dan lada hitam lalu potong-potong dan taruh diatas semangkuk sayuran. Anda dapat menambahkan feta-cheese untuk memperkaya rasa. Serat dalam sayuran dan protein dalam chicken salad dapat mebuat Anda kenyang lebih lama namun tidak mengantuk karena kalorinya tidaklah setinggi kudapan manis.

 

  1. Smoothie

Smoothie juga tidak kalah nikmat untuk dijadikan takjil. Anda dapat mencampur buah-buahan favorit anda dengan susu rendah lemak. Sebisa mungkin jangan tambahkan ice cream. Pakailah gula jagung untuk memberikan rasa manis. Sajikan smoothie saat buka puasa bersama keluarga. Anda pasti tidak akan menyesalinya. Setelah berbuka, Anda dapat beribadah dengan tenang karena smoothie cukup mengenyangkan.

 

  1. Cawan Mushi

Menghidangkan cawan mushi untuk berbuka puasa akan menarik pandangan siapa saja yang ada di sekeliling meja makan. Sebagai pengganti gorengan, cawan mushi adalah pilihan yang sehat. Anda dapat menggunakan mangkuk kecil cantik sebagai wadahnya. Membuat cawan mushi tidaklah sulit. Anda cukup memasukkan potongan daging ayam, udang, dan jamur di dalam mangkuk. Kemudian, siram dengan adonan telur yang sudah diberi daun bawang dan kukus sekitar 20 menit. Mudah bukan membuatnya?

 

Tags: , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: