Dorong Regenerasi Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara

Bango mengajak lebih banyak wirausaha kuliner Nusantara untuk menunjukkan semangat mereka dalam melestarikan warisan kuliner Nusantara.
, Majalah Kartini | 06/02/2018 - 20:21

 

MajalahKartini.co.id – Menjadi bentuk komitmen mendukung regenerasi pelestarian warisan kuliner Nusantara, Bango, kembali melakukan program “Bango Penerus Warisan Kuliner 2018”. Menyusul kesuksesan program serupa tahun lalu, kali ini produk kecap di bawah supervisi Unilever Food Solutions bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif RI (BEKRAF RI), mengajak lebih banyak wirausaha kuliner Nusantara dari seluruh wilayah indonesia untuk menunjukkan semangat mereka dalam melestarikan warisan kuliner Nusantara dengan bergabung di dalam program ini yang tahun ini memberikan kesempatan yang lebih luas, mekanisme yang lebih mudah, dan manfaat yang lebih optimal.

Thomas Agus Pamudji selaku Managing Director Unilever Foods Solutions mengungkapkan brand ini selalu konsisten mengedepankan misi sosial untuk melestarikan kekayaan warisan kuliner Nusantara. “Bagi kami, salah satu poin terpenting dari terwujudnya misi ini adalah adanya upaya nyata untuk mendapatkan pewarisannya kepada generasi penerus bangsa,” ujarnya pada media konferensi di Jakarta, Selasa (6/2).

Tanpa regenerasi yang kuat, kata Thomas kuliner Nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. “Hal ini menjadi sebuah tantangan namun juga peluang bagi generasi muda, khususnya mereka yang menekuni bidang wirausaha kuliner Nusantara,” katanya.

Nyatanya, industri kuliner saat ini sedang menjadi primadona. BEKRAF RI mendata subsektor kuliner terbukti imbuh sebesar 41,69 persen dari total kontribusi ekonomi kreatif, hal ini tidak terlepas dari para para wirausaha kuliner yang sangat tinggi dalam memperkenalkan dan mempopulerkan mereka kebanggaan mereka, termasuk konsumen Nusantara. Kondisi yang kondusif ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memaksimalkan proses regenerasi warisan kuliner Nusantara.

Semangat ini didukung oleh Abdur Rohim Boy Berawi selaku Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF RI. Melalui berbagai program, saat ini BEKRAF RI memiliki misi yang kuat untuk menjaring wirausaha kuliner Nusantara di seluruh wilayah indonesia agar produk, inovasi, model bisnis, dan kreativitas mereka dapat terus meningkat. “Gun memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap ekonomi kreatif di indonesia dan buat kuliner tradisional indonesia terus dicintai dan lestari dari generasi ke generasi,” ungkapnya.

Berbeda dengan tahun lalu, kompetisi tahun ini dibuat dengan mekanisme yang lebih mudah dan ramah digital. Sepanjang bulan Februari sampai pertengahan Maret 2018, Bango membuka kesempatan untuk para pengusaha kuliner di seluruh wilayah indonesia untuk usaha dan usaha terbaik mereka melalui website www.peneruskuliner.com. Setelah mendaftar, mereka dapat mempromosikan dan menggalang dukungan dari konsumen untuk memilih mereka melalui platform Instagram dan Facebook.

Di akhir Maret 2018 nanti, 20 finalis dengan jumlah vote plus 2 finalis pilihan dewan juri berhak untuk penjurian dan workshop yang akan digelar di Jakarta. Di sesi penjurian, para finalis akan mempresentasikannya di dewan juri yang beranggotakan para legenda kuliner kenamaan, wakil dari BEKRAF RI dan tim ahli dari Unilever Food Solutions.

Lalu, di sesi workshop mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang bisa sangat membantu mereka dalam pengembangan usaha di kemudian hari, seperti pelatihan food safety dan penanganan makanan dari tim ahli UFS, dan wawasan mengenai strategi bisnis kuliner oleh tim BEKRAF RI. (Foto: Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: