8 Kuliner Khas Indonesia Timur yang Harus Anda Coba

Kuliner Indonesia Timur memiliki rasa khas tersendiri yang sayang jika Anda lewatkan.
, Majalah Kartini | 07/12/2016 - 18:15

MajalahKartini.co.id – Berbagai makanan khas Indonesia timur tidak kalah lezat dan menarik untuk dicoba jika kita sudah bosan dengan menu yang kita santap setiap hari. Di bawah ini sudah dirangkum 8 makanan yang wajib dicicipi ketika melancong ke wilayah Timur Indonesia:

1. Papeda 
Di berbagai wilayah pesisir dan dataran rendah di Papua, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan. Nah papeda ini adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

2. Ikan Kuah Kuning
Makanan yang satu ini cukup sering dibahas, Ikan kuah kuning merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia bagian timur yang biasanya makanan yang satu ini disantap bersama dengan Papeda. Resep ikan kuah kuning ini berbahan dasar ikan tongkol dengan taburan daun kemangi yang membuat masakan ini enak saat disantap.

3. Ikan Bakar Colo-Colo
Masakan kali ini datang dari kota Maluku dengan khas masakan ikan bakar colo colo sedap gurih. Ikan bakar ini adalah olahan ikan tongkol yang dibersihkan dan dikombinasikan dengan campuran bumbu tumis yang kemudian dibakar hingga matang sempurna lalu disajikan bersama dengan colo colo. Colo colo adalah sejenis sambal yang terbuat dari campuran bahan seperti cabe, bawang, tomat hijau, penyedap rasa yang kemudian dicampur dalam satu wadah dan disajikan bersama dengan ikan tongkol bakar.

4. Kue Bagea
Kue Bagea Palopo, makanan khas dari sagu yang sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Palopo, Ternate. Bagea yang berbahan dasar tepung sagu ini, memiliki berbagai macam rasa seperti kenari, kacang dan wijen. Kue Bagea umunya dinikmati dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Rasanya yang gurih serta tidak terlalu manis membuatnya terasa renyah di mulut. Untuk mendapatkan bagea tidaklah sulit. Rasanya yang khas membuat kue ini menjadi salah satu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Palopo.

5. Halua Kenari
Halua Kenari adalah hidangan khas Manado, Sulawesi utara yang bentuknya semacam gula-gula kacang. Rasanya manis guring yang bahan dasarnya adalah kacang kenari kupas. Halua kenari menjadi jajanan yang wajib ada untuk berkumpul bersama teman ataupun saudara. Halua kenari juga cocok dijadikan oleh-oleh jika berkenjung ke Manado.

6. Gohu Ikan
Salah satu hasil kuliner khas Ternate yang menyerupai Sashimi Jepang ini adalah Gohu Ikan. Untuk penyebutan makanan ini, diharuskan lengkap karena bila kita menyebutkan hanya Gohu saja dikhawatirkan sama dengan makanan khas lain dari Sulawesi yang berupa rujak pepaya muda. Makanan ini adalah sajian kuliner yang sama juga dengan Ikan Gohu dari pesisir Sulawesi Utara, hanya berbeda di penyebutan nama saja. Berbahan dasar ikan Tuna atau Cakalang mentah, Gohu Ikan juga sering disebut Sashimi Ternate oleh beberapa orang.


7. Kue Ampas Tarigu 
Makanan yg satu ini adalah makanan tradisional dari pulau Ambon. Biasanya di santap saat sarapan atau minum teh sore. Penganan manis ini merupakan salah satu resep pengganjal perut paling ampuh, kue ampas terigu biasa dijual dengan harga Rp.2000,- per buah.

8. Jus Gandaria
Buah Gandaria adalah buah yang cukup mudah ditemukan di Maluku, khususnya Ambon. Salah satu cara pengolahan buah Gandaria menjadikannya minuman jus. Untuk membuat minuman jus ini, kita membutuhkan buah Gandaria yang sudah matang dan berwarna kekuningan. Sebelum di satukan dalam mesin jus, buah Gandaria harus dikupas dan dipisahkan dari bijinya. Tanpa di jus, buah ini sudah terasa nikmat. Rasanya perpaduan antara manis dan asam layaknya Buah Mangga dipadukan Jeruk. (Febykisti/Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: