5 Kuliner di Manado Enak dan Halal

Ada banyak kuliner unik di Manado yang nikmat dan juga halal siap manjakan lidah Anda.
, Majalah Kartini | 07/01/2017 - 12:33

tinutuan_bubur_manado

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MajalahKartini.co.id – Manado adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan objek wisata laut, salah satunya Taman Bunaken. Maka dari itu, Manado ramai dikunjungi, baik wisatawan domestik hingga mancanegara. Banyak wisatawan yang tidak sekadar menikmati keindahan alam, tapi sekaligus berburu kuliner khas Manado. Ada banyak makanan yang unik dan tidak familiar bagi pengunjung, namun bagi Anda yang ingin menjajaki kuliner halal Manado, ikuti panduan tempat wisata halal di Manado berikut.

1. Bubur Manado Tinutuan
Seperti halnya bubur pada umumnya, makanan ini bisa disajikan sebagai menu sarapan pagi. Namun, dalam segi bentuk isian menu ini berbeda sekali dengan bubur pada umunya. Campuran Gendi (sdayuran khas Manado), labu kuning (sembiki), ubi jalar, singkong kuning, daun melinjo, kagkung, jagung manis, bayam, kemangi, daun bawang, sedikit beras, dan beberapa bumbu dasar lainnya, menjadikan makanan ini sarat Gizi. Masakan khas Manado ini dapat Anda jumpai di banyak rumah makan di Manado, salah satunya di Kawasan Kuliner Wakeke di Jalan Wakeke.

2. Cakalang Fufu

cakalang_fufu

Ikan Cakalang dikenal berasal dari perairan Manado, sehingga tak heran jika Manado menjadikan olahan ikan cakalang sebagai kuliner yang ikonik. Meski satu rumpun dengan ikan tongkol dan tuna, jenis ikan cakalang ini berbeda setelah diolah. Ikan cakalang dipotong beberapa bagian lalu diasapi (fufu) selama 4 jam dan selanjutnya pendinginan selama 2 jam, kemudian jadilah ikan yang empuk, gurih, dan tidak berair.

Ikan Fufu ini dapat Anda olah sedemikian rupa, meski hanya digoreng lalu dicocol dengan sambal dabu-dabu Lilang Manado, rasanya sangat nikmat. Meski telah diasap, ikan ini tidak bisa bertahan lama pada suhu ruangan. Untuk mengawetkan Cakalang Fufu ini, sebaiknya simpan di lemari pendingin. Anda tidak disarankan untuk menggoreng terlalu lama, karena akan membuat tekstur ikan menjadi alot dan tidak enak. Ikan asap ini dapat Anda jumpai di banyak rumah makan di Manado.

3, Ikan Woku Belanga

kakap_woku
4. Ikan Woku Belanga

Makanan halal satu ini wajib Anda cicipi jika mengunjungi Manado. Ikan woku ini dimasak menggunakan wadah tanah liat untuk menciptakan aroma khas dan rasa yang nikmat. Aroma menggoda ikan woku ini berasal dari daun jeruk, daun pandan, kemangi, daun kunyit, dan serai. Ikan woku belanga ini memadukan rasa pedas dari cabai rawit, segar dari jeruk dan nikmat dari aneka rempah pilihan. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan dasar yaitu, ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, kepiting, dan udang, selain itu, ikan dan bebek juga bisa menjadi pilihan.

4. Es Brenebon

es-kacang-merah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Es Brenebon atau Es Kacang Merah ini kucup popular sehingga es ini sering disebut Es Manado. Es Brenebon ini cocok disantap bersama Gohu dan kudapan khas Manado lainnya seperti balapis, lalampa, apang coe, dll. Penasaran ingin mencicipi minuman segar ini, Anda bisa menjumpainnya di Rumah Es Miangas.

5. Ayam Rica-rica

ayam_rica-rica

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu makanan halal lainnya yang patut Anda coba saat berkunjung di Manado adalah Ayam Rica-rica. Bagi Anda yang suka makanan pedas, Ayam Rica-rica ini cukup memberi tantangan bagi Anda dengan rasanya yang pedas. Di luar Manado makanan ini sering Anda jumpai, tetapi umunya mengalami penyesuaian dengan daerah setempat sehingga rasanya pun berbeda. Bukan hanya rasa pedas, ayam diolah dengan banyak rempah pilihan yang siap menggetarkan lidah Anda. (Berbagai sumber)

Tags: , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: