“Sultan Agung”, Film Persembahan Mooryati Soedibyo untuk Bangsa

Sebagai dedikasi untuk seni budaya, sejarah bangsa Indonesia, Mooryati Soedibyo mempersembahkan Film Sultan Agung “Tahta, Perjuangan dan Cinta”
, Majalah Kartini | 08/01/2018 - 17:04

MajalahKartini.co.id – Sebagai persembahan dan dedikasinya pada seni budaya dan sejarah bangsa Indonesia, di usianya yang ke-90 tahun ini, Mooryati tetap dan terus berkarya dengan memproduksi sebuah film sejarah kolosal yang berjudul Sultan Agung, Tahta, Perjuangan dan Cinta. Sebuah perjuangan Sultan Agung melawan penjajah Belanda di Mataram yang akan diangkat ke layar lebar.

Mendirikan Rumah Produksi yang bernama Mooryati Soedibyo Cinema (MSC), Mooryati Soedibyosebagai Executive Producer turut mendukung proses kreatif film nasional untuk mengangkat tema sejarah, khususnya perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo Mataram 1628. Mooryati berharap film ini dapat menanamkan nilai-nilai patriotisme dan heroisme di kalangan generasi muda.

Ibu DR. BRA, Mooryati Soedibyo, S.S., M.Hum. sebagai Executive Producer, Sutradara Hanung Bramantyo, Aktor Ario Bayu, Aktris Anindia Kusuma Putri dan seluruh Tim Crew Mooryati Soedibyo Cinema Sowan ke Sultan Agung Hanyokrokusumo di Makam Raja-raja Imogiri sebagai Tanda Penghormatan Kepada Pahlawan Bangsa, acara ini diisi dengan Doa dan Pemotongan Tumpeng, dengan harapan proses pembuatan Film “The Untold Story” ini mendapatkan restu dan diberikan kelancaran. #filmsultanagung #java #centraljava #imogiri #sowan #mooryatisoedibyocinema #film #filmindonesia #asia #yogyakarta #theuntoldstory #jawatengah #msc #mustikaratu #asean #yayasanputeriindonesia #sultanagung #movie #indonesianmovie #jawa #pahlawan #indonesia #pahlawannasional #november #2017

A post shared by Mooryati Soedibyo Cinema (@mooryatiscinema) on

Kekuatan film ini adalah mengangkat semangat perjuangan heroik dalam mengusir penjajah/kolonial VOC, dengan darah pasukan Mataram yang berkorban atas titah Sultan Agung Hanyokrokusumo. Bahwa, jangan pernah kembali ke bumi Mataram jika Batavia belum ditaklukan.

Sultan Agung Hanyokrokusumo (1593-1646) adalah raja ke-tiga Kerajaan Mataram yang memerintah pada 1613-1646. Putra dari pasangan Susuhunan Prabu Hanyakrawati (raja ke-2 Mataram) dengan Ratu Mas Adi Dyah Banawati itu lahir dengan nama Raden Mas Jatmika atau terkenal juga dengan sebutan Raden Mas Rangsang.

Once Upon a Time in Java …

A post shared by Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) on

Generasi muda bisa mengambil contoh, nilai-nilai dari film ini, termasuk strategi dan semangat patriotisme Sultan Agung untuk diterapkan di masa kini, film ini akan memberikan inspirasi kegigihan semangat juang masyarakat Indonesia secara keseluruhan. “Terutama kalangan genersi muda yang hidup di tengah gempuran modernisasi agar nilai-nilai luhur sejarah, patriotisme, nasionalis, dan humanis tetap dijaga dan dipertahankan sebagai identitas bangsa,” kata Mooryati di momen syukuran ulang tahunnya yang ke-90.

Perlu digarisbawahi, lanjut Mooryati, bahwa perjuangan Sultan Agung Mataram ternyata tidak kalah dan tidak menyerah kepada VOC. Hanya saja saat itu perjuangan terpaksa berhenti untuk menghindari banyaknya rakyat jatuh korban akibat persenjataan yang tak imbang antara pasukan Sultan Agung Mataram dan Belanda.

Sesudah wafatnya Jan Pieter Zoon Coen dan Sultan Agung Mataram, perjuangan masih meresap dalam masyarakat Indonesia. Para kepala daerah di pulau-pulau luar Jawa, bergantian melakukan pemberontakan terhadap berdirinya negara Nederland Hindia Belanda. “Perjuangan Sultan Agung tidak sia-sia dan masih kita lanjutkan sampai sekarang,” tegas Mooryati.

Sementara itu, Hanung Bramantyo sebagai sutradara film Sultan Agung dalam instagramnya mengapresiasi semangat Mooryati untuk mempersembahkan karya untuk leluhurnya, Sultan Agung. “Selamat Ulang Tahun Ibu Mooryati. Diusiamu saat ini Ibu masih energik untuk membuat film tentang kisah yang tidak bakal disentuh oleh producer2 ternama di negeri ini. Yeah, apa sih film sejarah? Jadul? Gak komersil. Tapi Ibu sangat bersemangat akan membuat film ini. Saya dan kawan2 akan mendukung ibu dengan semangat dan cinta …selamat Ulang Tahun Ibu,” tulisnya. (Foto: Instagram)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: