10 Film Indonesia yang Hits Tahun 2017

Majalahkartini.co.id telah merangkum 10 film Indonesia yang hits di tahun 2017.
, Majalah Kartini | 31/12/2017 - 10:22

MajalahKartini.co.id – Pada tahun 2017 ini, para sineas berturut-turut meluncurkan film-film terbaiknya yang mewarnai dunia perfilman Tanah Air. Dari semua film yang telah rilis, ada beberapa film yang paling unggul dalam menarik banyaknya penonton dan penghargaan perfilman. Berikut ini Majalahkartini.co.id telah merangkum 10 film Indonesia yang hits di tahun 2017.

1. Danur: I Can See Ghosts

Film Danur: I Can See Ghosts menjadi salah satu film yang paling laris selama 2017 ini. Jumlah penonton yang didapat dari pemutaran di bioskop adalah mencapai angka sekitar 2,7 juta penonton. Film bergenre horor ini diangkat dari buku kisah nyata Risa Saraswati yang diperankan oleh Prilly Latuconsina yang bisa melihat hantu dan berteman dengan lima anak hantu. Buku Danur yang ditulis Risa Saraswati begitu laris sehingga membuat film ini ikut mendapatkan banyak penonton.

2. Kartini
Film biopik karya Hanung Bramantyo ini berhasil mengantongi nominasi terbanyak di ajang FFI 2017. Film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan sederet bintang-bintang papan atas Tanah Air tersebut meraih total 14 nominasi, salah satunya Film Terbaik. Film ini juga berhasil mendapatkan pendapatan kotor sebesar 19 miliar dari pemutaran bioskop Indonesia. Film Kartini sangat menarik karena mengangkat sisi lain dari pahlawan wanita R.A Kartini.

3. Critical Eleven
Critical Eleven , film yang diadaptasi dari novel laris karya Ika Natassa ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti sebagai dua karakter utamanya.
Selain itu filmnya turut menampilkan kemunculan bintang-bintang papan atas seperti Hamish Daud, Revalina S. Temat, Hannah Al Rasyid, Astrid Tiar, Widyawati, dan Slamet Rahardjo.

4. Pengabdi Setan
Pengabdi Setan resmi merebut gelar film terlaris 2017. Film garapan Joko Anwar itu berhasil mengumpulkan lebih dari 4,1 juta penonton pada Selasa (7/11). Capaian ini diraih Pengabdi Setan dalam pekan terakhir tayang di Indonesia, sebelum memulai perjalanan tayang di luar negeri.

Pengabdi Setan berhasil mencatatkan angka penonton tersebut di hari ke-40 penayangan sejak debut di layar bioskop pada 28 September 2017. Dengan capaian penonton hingga 4.100.468 orang, diperkirakan bila satu tiket seharga Rp30 ribu, Pengabdi Setan berhasil mengumpulkan pendapatan lebih dari Rp123 miliar.

5. Surga yang Tak Dirindukan 2
Surga Yang Tak Dirindukan 2 adalah sebuah film religi yang merupakan sekuel dari box office 2015 Surga Yang Tak Dirindukan. Sama halnya dengan film surga yang tak dirindukan sebelumnya yang mana film ini dibintangi oleh aktor terkenal tanah air yaitu Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, Raline Shah serta Reza Rahardian. Pada awal tahun 2017 lalu, banyak film-film yang disuguhkan pada penonton setia film-film buatan anak negeri salah satunya yaitu film surga yang tak dirindukan 2 yang rilis pada 9 februari 2017 lalu.

6. Posesif
Posesif yang rilis pada 26 Oktober ini telah menyabet 10 nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Tentunya fakta ini membuat pecinta film Indonesia bertanya-tanya karena film ini sekilas terlihat seperti film remaja biasanya. Tetapi ternyata jauh lebih dari itu, film ini membahas sisi kelam dari hubungan remaja yang sebenarnya banyak terjadi namun sering luput dari pembahasan. Jadi tidak heran jika film ini disebut-sebut sebagai film remaja Indonesia pertama yang bergenre romantic-suspense.

7. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak
Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak bercerita tentang Marlina, seorang janda yang ditinggal suaminya meninggal dunia. Kisah ini bermula ketika Marlina memenggal kepala seorang perampok yang menyatroni rumahnya. Marlina melakukan perjalanan panjang ke kantor polisi dengan membawa kepala perampok tersebut. Film arahan sutradara Mouly Surya ini menghadirkan Marsha Timothy, Yoga Pratama, Egi Fedly, Haydar Salishz, dan masih banyak lagi. Filmnya sendiri terbagi dalam empat babak yaitu; perampokan, perjalanan, pengakuan, dan bagian terakhir, kelahiran.

8. Night Bus
Dunia perfilman Indonesia semakin berwarna dengan kehadiran Night Bus, fillm drama-thriller bertema konflik dan kemanusiaan yang memiliki visi dan target untuk masuk ke pasar film internasional. Film yang dibintangi Tio Pakusadewo, Teuku Rifnu Wikana, Lukman Sardi dan Donny Alamsyah ini menyelesaikan proses pengambilan gambar pada Oktober 2015 lalu. Night Bus dirilis pada April 2017. Night Bus dinobatkan sebagai Film Terbaik versi Festival Film Indonesia. Pengumumannya dibacakan di Grand Kawanua International City, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/11/2017) malam.

9. Dear Nathan
Dear Nathan diproduksi dan didistribusikan oleh Rapi Films. Film ini disutradarai oleh Indra Gunawan, dengan Gope T. Samtani selaku produser. Sementara, naskah ditulis oleh Bagus Bramanti, Gea Rexy, Erisca Febriani. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Amanda Rawles, dan Jefri Nichol. Film yang berdurasi sekitar 104 menit ini tayang perdana pada 23 Maret 2017 di Indonesia.

10. Ayat Ayat Cinta 2

Kisah cinta Fahri dan Aisha yang fenomenal pada 2008 berlanjut dalam Ayat Ayat Cinta 2. Sejak tayang pada 21 Desember lalu, film itu ramai jadi sorotan netizen. Alih-alih mendapat pujian seperti film terdahulu yang sukses besar, Ayat Ayat Cinta 2 justru menuai banyak kritik dari netizen.

Namun, kritikan itu tampaknya tak mempengaruhi jumlah penonton Ayat Ayat Cinta 2 yang kian melambung. Sejauh ini, di tengah kritik tajam yang menghujam ‘Ayat Ayat Cinta 2’, ukuran penonton yang menyaksikan film itu cukup besar. Dari enam hari penayangannya, ‘AAC2’ telah menarik 1.223.157 penonton.

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: