Tips Memasang dan Memilih Wallpaper yang Benar

Wallpaper menjadi salah satu keindahan dalam rumah, maka Anda perlu memilih yang sesuai.
, Majalah Kartini | 04/09/2017 - 18:02


MajalahKartini.co.id – Setiap rumah memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, melalui wallpaper tercermin identitas dan karakteristik pemiliknya. Penempatan dan pemasangan wallpaper harus disesuaikan dengan letak lokasi yang akan ditempel wallpaper dan gambar yang sesuai.

Dilansir dari Rumah.com, wallpaper sendiri diartikan sebagai lapisan yang digunakan untuk melapisi dinding dan memperindah ruangan (interior). Daya tahan wallpaper bisa mencapai 8-10 tahun daripada cat tembok yang sudah mulai mengelupas, memudar, dan kusam dalam rentang waktu 2-3 tahun.

Sebelum memasang wallpaper rumah, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan mempelajari hal terkait wallpaper yang berkualitas tinggi.

1. Aplikasikan Wallpaper Warna Metalik

Menggunakan wallpaper berwarna mengkilat seperti emas dan perak bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih bercahaya dan elegan. Anda juga dapat menggunakan wallpaper dengan warna dasar hitam dan putih untuk membuat ruangan terlihat bersih dan simpel.

2. Memasang Wallpaper di Ruangan Kecil

Pilih wallpaper dengan motif yang cerah dan besar seperti tumbuhan atau burung, karena desain yang besar akan menciptakan ilusi ruangan terlihat lebih besar.

3. Wallpaper Motif Kecil

Cocok dipasang untuk suasana ruangan yang tenang seperti kamar mandi dan kamar tidur. Jangan diaplikasikan di ruangan yang besar seperti ruang tamu dan ruang keluarga karena motif tidak akan terlihat sempurna.

4. Pasang Wallpaper di Rak Buku

Agar wallpaper terlihat memantul di kedua sisi rak buku atau tembok, tambahkan kaca di sisi sebrang wallpaper agar terlihat kesan pantulan alami dan meminimalisir biaya pembelian hingga pemasangan.

5. Wallpaper di Kamar Tidur

Agar tidur anda lebih nyaman dan bervariasi, tempelkan wallpaper tepat di belakang posisi tempat tidur Anda dan sesuaikan corak wallpaper sesuai dengan tema dan interior yang diinginkan dalam kamar.

6. Lorong Rumah Cocok untuk Ditempelkan Wallpaper

Pemasangan wallpaper di lorong akan menciptakan kesan mewah dan cerah, motif untuk lorong bebas dan disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

Sebelum memasang wallpaper, ada baiknya Anda mengecek kembali motif wallpaper yang anda beli. Jangan sampai memasang wallpaper dengan posisi terbalik, perhatikan batas pemasangan antara satu rol wallpaper dengan yang lainnya agar terlihat jelas batas pemasangan. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Pinterest).

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: