Simak Tips Beli Rumah dengan Penghasilan Sekitar Rp 5 juta

Menyicil rumah saat usia masih muda dan produktif memudahkan membayar angsuran.
, Majalah Kartini | 04/12/2017 - 10:11

MajalahKartini.co.id – Rencana membeli rumah akan lebih baik dilakukan saat usia masih muda dan produktif. Sehingga memudahkan Anda membayar angsuran tanpa membebani kebutuhan bulanan yang menguras penghasilan. Lalu apabila gaji Anda berada di kisaran Rp. 5 juta, apakah bisa menyicil rumah? Tentu saja bisa, karena banyak pilihan rumah Rp. 200 jutaan yang bisa Anda pilih.

Simak strategi membeli rumah dengan gaji Rp. 5 juta dari Rumah.com berikut ini:

1. Menghitung pengeluaran bulanan

Metode pembelian rumah dengan KPR atau lewat pembiayaan bank bisa menjadi pilihan Anda. Pinjaman KPR bank dapat Anda lakukan sehingga besar cicilan bisa maksimal sepertiga dari penghasilan Anda. Jika gaji Anda Rp. 5 juta per bulan, maka kemampuan cicilan bulanan Anda sekitar Rp. 1,5 juta sampai 2 juta per bulan

2. Menyiapkan uang muka

Bank Indonesia telah menetapkan besaran uang muka sekitar 15 persen dari harga rumah. Namun ada pula beberapa pengembang yang menetapkan besaran uang sekitar 5 persen sebagai bentuk promosi. Siapkan kira-kira Rp. 30 juta sampai 50 juta sebelum mengajukan permohonan KPR. Anda bisa memulainya dengan menyisihkan tabungan setidaknya Rp. 2 juta perbulan dengan memangkas pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

3. Mencari rumah idaman

Anda bisa mulai mencari rumah idaman Anda dengan harga kisaran Rp. 200 jutaan. Pilihlah rumah dengan lokasi strategis, fasilits lengkap dan mudah mengakses transportasi publik. Anda bisa mulai mencarinya secara online lewat website rumah.com atau melihat iklan atau papan reklame dijalan yang menawarkan hunian murah berkualitas. (Cindy/Foto: Istockphoto)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: