Ketahui Hal Ini Sebelum Belanja Furnitur Online

Tak hanya fashion dan kebutuhan sehari-hari, barang-barang perabot rumah atau furniture pun banyak dipesan melalui online.
, Majalah Kartini | 18/04/2017 - 16:47

Ketahui Hal Ini Sebelum Belanja Furnitur Online
MajalahKartini.co.id – Belanja online memang memudahkan namun sangat rentan penipuan. Modusnya pun beragam, seperti barang tidak sesuai foto, kualitas berbeda hingga terparah barang tak pernah dikirim karena toko palsu. Melihat masih maraknya insiden penipuan ini, Anda wajib menjadi pembeli pintar ketika belanja online. Tak hanya fashion dan kebutuhan sehari-hari, barang-barang perabot rumah atau furnitur pun banyak dipesan melalui online.

Namun Anda tak perlu merasa takut atau khawatir, karena risiko itu bisa dihindari. Caranya dengan mengikuti sejumlah tips belanja furnitur yang aman dan nyaman via online yang dilansir dari laman Rumahku berikut ini!

1. Ciri-ciri mebel online penipu

Pembelian online sangat berisiko tinggi terkena penipuan. Untuk itu, berhati-hatilah ketika belanja dan lakukan cek & ricek terlebih dahulu. Cari tahu kejelasan profil toko atau kantor offline-nya. Penjual furnitur yang mencantumkan alamat, nomor telepon, foto dan sebagainya terbilang cukup kredibel.

Setelah itu, jangan lupa melihat bagaimana reputasi mebel online tersebut via internet. Anda pun perlu mengenali bagaimana ciri-ciri mebel online palsu dan penipu. Di antaranya:

1. Harga yang ditawarkan tak masuk akal murahnya atau berada di bawah harga pasaran.
2. Metode pembayaran menggunkan DP yang cukup besar. Pembeli diminta membayar sekitar 50 persen hingga 80 persen.
3. Testimonial berlebihan dan palsu. Cara ini dianggap trik mengelabui Anda.
4. Menggunakan foto yang asal comot dari search engine.
5. Mebel palsu lebih banyak beraksi di akun jejaring sosial, blog atau web gratisan. Jika memakai web pun biasanya tak menggunakan alamat domain populer, seperti dot com atau dot co do id.
2. Cek detail produk dan sesuaikan budget

Jadilah pembeli yang pintar dengan aktif bertanya mengenai detail produk sebelum membeli. Baca spesifikasi produk yang diberikan seperti ukuran, bahan material, warna, model dan sebagainya. Pastikan furnitur pilihan Anda bisa masuk ke dalam rumah, cocok dengan tema ruangan dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, furnitur termasuk barang mahal dan berbobot. Anda perlu mempertimbangkan secara matang terlebih dahulu dan menyesuaikan harga furnitur dengan budget yang dimiliki. Tekan keinginan untuk belanja berlebihan. Bila furnitur terlalu mahal, coba lihat pilihan lain yang sesuai.

3. Cari tahu kejelasan pembayaran dan pengiriman

Setiap online shop umumnya memiliki cara dan sistem pembayaran yang berbeda-beda. Jadi, tanyakan kejelasan pembayaran saat menghubungi admin mebel online pilihan. Ketahui bagaimana prosesnya hingga barang siap dikirim.

Bagaimana furnitur dikirim juga perlu Anda perhatikan. Tanyakan sistem pengiriman yang mereka miliki. Umumnya mebel online mengirimkan furnitur lewat agen atau dikirim langsung ke alamat Anda. Semua pilihan pengiriman bisa dikenakan biaya sendiri atau sudah termasuk dalam harga jual furnitur.

4. Pilih yang bergaransi

Masalah yang kerap terjadi ialah kondisi barang yang cacat atau mengalami kerusakan. Masalah ini ada yang disengaja oleh penjual nakal, atau memang kondisi aslinya atau ketidaksengajaan saat pengiriman. Dalam beberapa kasus terkadang barang yang dikirim tak sesuai dengan pesanan.

Untuk menghindari risiko seperti itu, sangat dianjurkan Anda bertanya ada tidaknya garansi dan ketentuannya. Garansi kepuasan pelanggan memberikan rasa nyaman dan aman bagi Anda untuk membeli. (Foto: Jakarta Venue)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: