Begini Cara Tentukan Sofa yang Cocok untuk Anda

Membeli sofa pun harus memperhitungkan beberapa hal berikut ini.
, Majalah Kartini | 10/11/2017 - 22:03

MajalahKartini.co.id – Saat pindah ke tempat baru atau sedang membutuhkan pembaruan, Anda pasti ingin memilih perabotan yang cocok di ruangan Anda. Ternyata membeli sofa pun harus memperhitungkan beberapa hal. Berikut tips untuk membantu Anda membeli sofa dengan sempurna, dilansir dari kompasproperti.

1. Bertanya pada diri sendiri

Sebelum membeli sofa, Anda harus merencanakan untuk memilih sofa. Apakah sofa tersebut bersifat sementara atau berjangka panjang? Kemudian pikirkan dimana sofa itu akan ditempatkan, di depan TV, di pojok ruangan atau di kamar tidur? Lalu apakah sofa tersebut akan cocok dengan dekorasi ruangan Anda. Pilih juga kain, ukuran dan warna yang sesuai dengan ruangan Anda.

2. Memilih gaya yang benar

Lihatlah ruangan Anda untuk mengidentifikasi jenis sofa yang sesuai dengan estetika dan gaya hidup Anda. Apakah ruangan Anda dan gaya hidup Anda terkesan modern, tradisional atau keduanya?

3. Ukuran dan bentuknya

Selain panjang dinding, ukur pula lebar panjang sofa dan ruang. Perhatikan tata letak ruangan untuk memastikan sofa tidak mengganggu aliran ruang. Jika Anda tertarik membeli sofa tidur, pastikan Anda memiliki cukup ruang. Setel dua sofa di tengah ruangan untuk tata letak yang lebih seimbang. Dengan cara ini, focal point ruangan menjadi dua bagian, berlawanan dengan TV.

4. Bantal dan kain

Pilihlah bantal dengan nada dan pola yang sesuai dengan pola sofa. Pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak agar tak terkesan sempit. Pilih juga bahan kain sofa yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Kain campuran kapas lebih tahan lama dan cocok untuk keluarga. Sofa dengan penutup sutra biasanya diminati orang dewasa. Saat memilih kain untuk pelapis, pilihlah bahan yang alami atau sintetis, seperti katun, linen, wold an kulit. Atau bisa juga alternative sintetis lain seperti nilon, asetat dan rayon.

5. Berpola atau tidak

Saat memilih gaya sofa, Anda harus memperhatikan komposisi potongan. Anda lebih suka yang dirajut atau ditenun dan lain sebagainya. Perlu diingat, tenunan kain sering berkorelasi dengan keberlanjutan dan umur panjangnya. (Cindy/Foto: Shuttetstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: