4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah

Renovasi rumah membuat rumah Anda tampak terawat dan nilai jual harga rumah Anda akan naik.
, Majalah Kartini | 01/10/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Merenovasi rumah merupakan hal yang wajar dilakukan jika dirasa bangunan rumah Anda memang membutuhkan perawatan secara berkala dan bertahap. Selain itu, segi kenyamanan dan kebutuhan biasanya menjadi dasar utama untuk segera melakukan renovasi rumah.

Tetapi, setelah melakukan renovasi rumah biasanya masih saja banyak kasus yang terjadi dimana ketidakpuasan hasil yang tidak sesuai harapan si pemilik rumah. Maka dari itu, sebenarnya dibutuhkan proses pertimbangan serta membuat konsep utama sebelum melakukan renovasi rumah. Mari berasumsi bahwa Anda sudah memiliki rumah yang akan di renovasi.

Sebelum penyesalan itu datang kembali maka simaklah enam hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah:

1. Biaya anggaran yang akan Anda alokasikan
Menentukan anggaran adalah sebuah langkah pertama yang sangat tepat pada setiap proyek renovasi.
Dimana anggaran yang sudah ditentukan akan membentuk banyak keputusan tentang bagaimana proyek Anda dirancang dan dilaksanakan. Ketika membuat anggaran pastikan juga Anda menghitung terlebih dahulu estimasi keseluruhan biaya, termasuk biaya desain dan persetujuan, biaya pembangunan (tukang dan bahan bangunan) serta biaya finishing seperti perabotan atau pembersihan secara keseluruhan.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan ialaha menyiapkan dana cadangan diluar anggaran yang Anda siapkan, dana tersebut nantinya akan berguna sekali sebagai cadangan apabila ternyata biaya yang harus dikeluarkan membengkak melebihi biaya perencanaan.

Menggunakan Jasa renovasi bukanlah hal yang buruk dan membuang buang biaya karena Anda tidak perlu repot mengurus renovasi, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa memudahkan Anda dalam melakukan renovasi. Bahkan akan sangat memudahkan sekali, karena Anda hanya perlu memberi informasi seperti renovasi apa yang Anda inginkan beserta anggaran yang sudah disiapkan. Maka, pihak jasa renovasi pastinya akan berusaha agar renovasi dapat berjalan sesuai dengan anggaran yang Anda sudah siapkan.

Namun berhati-hatilah jika Anda ingin memilih jasa renovasi, pastikan jangan cepat tergiur dengan harga murah. Carilah jasa renovasi yang professional serta memiliki elektabiltas tinggi dan sudah memiliki banyak pengalaman yang baik.

2. Pastikan kembali batasan perencanaan renovasi Anda
Setelah menghitung Anggaran, pastikan kembali batasan kebutuhan Anda hingga ingin melakukan renovasi. Kesalahan terbesar terus sering terjadi ketika ingin melakukan renovasi yaitu perkiraan kebutuhan Anda. Sebab seringkali ketika sudah dalam tahap proses pembangunan terdapat pemikiran yang Anda inginkan sehingga anggaran akan membengkak padahal tambahan tersebut bukanlah prioritas utama.

Sebagai contohnya, jika Anda melakukan renovasi ruangan dapur. Namun pada tahap pembangunan Anda pun menginginkan tambahan seperti kamar mandi di dekat dapur. Pastinya hal tersebut tidak dianjurkan karena membuat anggaran membengkak dan mungkin hasilnya akan sedikit mengecewakan Anda sebab kamar mandi yang berdekatan dengan ruangan dapur bukanlah hal yang terlalu penting.

Sering kali sebagian orang mengabaikan perencanaan batasan kebutuhan renovasi ini, padahal banyak masalah yang tak terduga dan muncul dari sini. Jadi, hindari penggunaan anggaran yang bisa keluar dari perencanaan awal yang sudah ditetapkan.

3. Berapa lama waktu renovasi yang Anda inginkan?
Selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan dan pikirkan ketika merenovasi rumah adalah jangka waktu renovasi. Disarankan dalam melakukan renovasi Anda tidak terburu-buru sehingga hasilnya biasanya akan lebih maksimal dan sesuai rencana. Namun, pada kesimpulannya bukan berarti melakukan renovasi secara cepat adalah hal yang buruk, Anda juga harus memastikan tukang beserta mandornya merupakan orang yang teliti serta bertanggung jawab penuh pada proses renov.

Hal lainnya yang biasanya menjadi problem ketika ingin cepat melakukan renovasi dalam jangka waktu pendek adalah jumlah tukang. Sebab pastinya jumlah tenaga tukang yang Anda butuhkan akan lebih banyak dimana tentunya biaya yang harus dikeluarkan juga bertambah.

4. Perhatikan penyelesaian akhir dari tahap renovasi
Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pemilik rumah saat renovasi yaitu tidak melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan tidak mempunyai pertimbangan yang tepat saat renovasi sudah selesai. Jadi, ketika Anda melakukan perencanaan renovasi pastikan Anda juga mempunyai pertimbangan hasil akhir yang diinginkan. Sehingga saat tahap penyelesaian, Anda dapat mengetahui dengan baik apakah renovasi tersebut sudah berjalan baik dan sesuai harapan keinginan Anda.

Itulah 4 hal terpenting yang harus Anda pikirkan serta pertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah. Rumah merupakan salah satu saksi berbagai perjalanan hidup yang akan dan sudah Anda lalui. Jadi, rawatlah rumah Anda. (ANT/Foto: Superpro.id)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: