4 Tips Masak Daging Empuk dan Praktis

Hal yang dikuatirkan saat masak daging adalah saat daging yang Anda masak masih keras, bagaimana agar daging empuk dengan cara praktis?
, Majalah Kartini | 02/09/2016 - 15:30

MajalahKartini.co.id – Hari Raya Idul Adha tinggal hitungan hari lagi, biasanya stok daging sapi atau kambing pun tersedia, sayangnya terkadang daging yang Anda masak mungkin tak empuk seperti yang Anda bayangkan. Berikut tipsnya:

1. Daging Dipotong-potong

Dengan memotong daging sesuai keinginan, merupakan langkah peratama untuk memudahkan proses masak daging menjadi cepat empuk ketika diolah menjadi jenis masakan apapun. Potonglah sesuai keinginan dan kebutuhan, jika tak dihabiskan sekali masak simpanlah di wadah penyimpan yang rapat dan taruh di frezeer. Anda bisa mulai memotong sesuai dengan resep yang akan Anda buat, misalnya gulai, semur, sate, rendang, tongseng, sop, krengsengan dan lain-lain.

2. Merebus daging dengan air
Setelah daging kambing atau sapi dipotong-potong, siapkan panci dan air, lalu masukkan daging ke dalam panci. Tanpa menambahkan daging dengan bumbu, rebus daging hingga air mendidih, biarkan dimasak hingga air rebus berkurang, kaldu keluar dan daging menjadi empuk. Setelah selesai direbus, daging bisa diolah dan dibumbui sesuai masakan yang Anda buat.

3. Memakai daun pepaya
Selain dengan cara merebus dengan air, olahan daging agar cepat empuk juga bisa menggunakan daun pepaya. Caranya, dengan mencuci bersih daging sapi atau kambing tanpa harus dipotong lebih dahulu, lalu daging yang sudah bersih dibungkus daun pepaya.

Tusuk-tusuk daging dengan ujung garpu atau pisau dengan merata dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah didiamkan, buka bungkusan daun pepaya, cuci bersih dan rebus sebentar. Olahan daging suadah siap dimasak menjadi makanan favorit Anda dan keluarga.

4. Memakai buah nanas
Selain menggunakan daun pepaya, alternatif lain membuat daging cepat empuk adalah dengan menggunakan buah nanas. Daging yang telah dipotong-potong tadi selanjutnya Anda baluri dengan buah nanas yang sudah diparut. Setelah itu diamkan kurang lebih 10 menit dalam lemari pendingin. Cuci bersih lalu olah daging sesuai dengan resep yang hendak Anda buat. (Foto: Pixabay)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: