Tips Menyimpan, Membersihkan dan Merawat Batu Berlian

Sengaja atau tidak, perhiasan tersebut akan kotor tercemar oleh keringat, bahan kimia, tergores, dll.
, Majalah Kartini | 09/04/2017 - 15:00

tips memilih, menyimpan dan membersihkan berlian

MajalahKartini.co.id – Menurut Sumarni Paramita, seorang Gemologist atau disebut ahli batu mulia begini cara menyimpan, membersihkan dan merawat berlian. Engagement / wedding ring adalah perhiasan yang dipakai harian. Sengaja atau tidak, perhiasan tersebut akan kotor tercemar oleh keringat, bahan kimia, tergores, dll. Untungnya perhiasan yang terbuat dari emas dan berlian tidak mudah rusak, tetapi tetap saja membutuhkan perawatan.

Sangat penting membersihkan perhiasan Anda secara rutin, agar tetap terlihat cantik dan mempesona. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara membersihkan dan merawat perhiasan secara umum.

– Handling
Usahakan untuk mencopot engagement / wedding ring tidak bersentuhan langsung dengan settingan berliannya, karena jari kita mengandung minyak alami yang akan menempel dan akan mengurangi kilau berlian itu sendiri. Basahi jari dengan air sabun bila cincin susah dilepaskan dan waktu yang paling pas untuk mencopot cincin adalah malam hari disaat jari kita menyusut.

– Metal
Perhiasan berbahan dasar emas asli tidak akan berubah warna. Seringkali kita menyebut cincin kusam / pudar warnanya. Hal ini karena poles akhir cincin (glossy atau doff dll) telah berkurang kualitasnya. Biasanya dalam waktu setahun atau lebih perhiasan akan terlihat kusam karena terkiskisnya polesan atau banyak goresan. Hal yang bisa dilakukan, cobalah kembali ke tempat nda membeli perhiasan tersebut untuk melakukan service ulang poles. Harga yang dipatok bervariasi.

– Tempat penyimpanan
Berlian memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara batu berharga lainnya. Jika Anda memiliki perhiasan berlian cobalah untuk menyimpannya tidak bergesekan dengan batu berharga lainnya. Gunakan jewellery box khusus cincin untuk menyimpannya. Jika terpaksa disimpan bersamaan, gunakan kain lembut untuk membungkusnya. Berlian akan menggores berlian itu sendiri serta batu berharga lainnya jika bergesekan.

– Perlindungan dari bahan kimia
Usahakan untuk mencopot cincin Anda jika akan melakukan aktivitas mandi, make up, memasak dan lain-lain. Penggunaan harian serta aktivitas yg dilakukan dapat menimbulkan timbunan kotoran di cincin Anda. Kadangkala kebiasaan ini dapat juga bumerang bagi diri sendiri. Tertinggalnya cincin di tempat umum karena terbiasa dilepas sebelum mencuci tangan dsb. Saran saya, untuk hal yg menurut anda simple dan tidak terlalu kotor tetaplah gunakan cincin Anda. Tetapi usahakan rutin tiap minggu membersihkan perhiasan Anda secara khusus.

– Rendam dalam air sabun
Cara instan membersihkan cincin Anda adalah rendam cincin anda dalam air hangat dengan sabun secukupnya selama 10 menit. Gosoklah secara lembut cincin Anda dengan kain lembut di bagian lingkar cincin. Sikat dengan lembut bagian berliannya dengan sikat gigi bayi. Bilas dengan air bersih. Gunakan kain lembut khusus untuk perhiasan atau bisa juga kain lembut untuk membersihkan kacamata. Jangan gunakan tissue kertas karena akan meninggalkan serpihan serat di cincin Anda. Bisa juga digunakan hair dryer dalam jarak tertentu (tidak terlalu dekat) untuk menghilangkan noda air.

– Vodka/alkohol cair
Jika Anda memiliki vodka tidak ada salahnya mencoba cara ini. Rendamlah cincin Anda singkat saja sambil dibilas. Keringkan dengan kain lembut, berlian Anda akan berkilau kembali.

– Cek rutin
Cobalah untuk mengecek cincin Anda jika ada waktu senggang, perhatikan settingan ikat berliannya. Jika ada yang bergeser dsb. Silahkan melakukan servis ulang.

– Cleansing tools
Gunakan beragam pembersih perhiasan yang bisa didapatkan secara online ataupun di toko perhiasan. Bisa dalam bentuk clensing gel dan brush, kertas pembersih khusus (jewellery wipes), kain khusus pembersih (polishing cloth) dan kuas pembersih.

Cara yang paling efektif adalah berkunjung ke toko perhiasan terdekat untuk melakukan perawatan. Biasanya mereka menyediakan jasa membersihkan perhiasan dengan menggunakan alat khusus.(Foto : dok. SWAN)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: