World Breastfeeding Week, Ingatkan Dunia Pentingnya Air Susu Ibu

Pekan Asi Sedunia bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat di seluruh dunia bahwa betapa pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi.
, Majalah Kartini | 02/08/2017 - 11:01

 

World-Breastfeeding-Week,-Ingatkan-Dunia-Pentingnya-Air-Susu-Ibu

MajalahKartini.co.id – Pekan pertama Agustus ini, 1-7 Agustus 2017 adalah pekan berharga bagi ibu menyusui, yaitu Pekan Asi Sedunia (PAS) atau World Breastfeeding Week. PAS sudah diperingati di seluruh dunia setiap minggu pertama bulan Agustus. Lalu bagaimana sejarahnya PAS ini bisa diperingati di seluruh dunia?

Awalnya, Deklarasi Innocenti tahun 1990 di Florence Italia, mengamanatkan pentingnya mengkampanyekan pentingnya Air Susu Ibu (ASI) sebagai bagian dari upaya “perlindungan, promosi dan dukungan menyusui”. Maka disepakati pula setiap awal pekan Agustus (tanggal 1-7 Agustus) dijadikan sebagai Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week). Hal ini juga bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat di seluruh dunia bahwa betapa pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi.

Pada tahun 2002 WHO dan UNICEF mencanangkan strategi Global Peningkatan Pemberian Makan Bayi dan Anak pada tahun 2002 yang meliputi, Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir dalam satu jam pertama, dilanjutkan dengan rawat gabung, memberikan hanya air susu ibu saja sejak lahir sampai bayi berumur 6 bulan, memberikan makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) mulai umur 6 bulan, dan menyusui dilanjutkan sampai anak berumur 24 bulan atau lebih.

Pada tahun 2014 saja, tercatat ada 170 negara lebih yang telah menyelenggarakan Pekan ASI Sedunia dengan rangkaian acara yang beragam dengan koordinasi dari WABA (World Alliance for Breastfeeding Action) dengan bantuan dari beberapa organisasi besar, seperti WHO dan UNICEF.

Pekan-ASI-Sedunia-2017-Mari-Dukung-Keberhasilan-Ibu-Menyusui

Di Indonesia Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan surat keputusan Menteri Kesehatan nomor: 450/Menkes/SK/IV/2004 tentang Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi di Indonesia. Pada tahun 2012 telah terbit Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33 tentang Pemberian ASI Eksklusif dan telah diikuti dengan diterbitkannya 2 (dua) Peraturan Menteri Kesehatan yaitu : Permenkes Nomor 15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui Dan/Atau Memerah Air Susu Ibu dan Permenkes Nomor 39 Tahun 2013 tentang Susu Formula Bayi dan Produk Bayi Lainnya.

Maka dari itu dengan adanya Pekan ASI Sedunia yang juga diselenggarakan di Indonesia, semoga bisa meningkatkan kesadaran para ibu Indonesia betapa pentingnya ASI eksklusif bagi bayi.

Setiap tahunnya, Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengusung tema yang berbeda tiap tahunnya dalam memeriahkan Pekan ASI Sedunia. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Bekerja Bersama untuk Keberlangsungan Pemberian ASI”.

“Melalui pemberian ASI (Air Susu Ibu) akan mempererat ikatan antara ibu dan anak yang menjadi kunci untuk peningkatan kualitas manusia Indonesia,” ujar Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Agung Sugihantono seperti dikutip dalam Pedoman Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia (PAS) 2017, Senin (31/7). (Foto: Hello Sehat/Grafis: AIMI)

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: