Video Musik Indonesia Raya 3 Stanza, Persembahan untuk Bangsa

Belum banyak masyarakat yang mengetahui lagu Indonesia Raya 3 stanza, melalui video layanan masyarakat ini diharapkan bisa mempermudah sosialisasi.
, Majalah Kartini | 30/10/2017 - 15:02

MajalahKartini.co.id – Dalam kurun waktu 89 tahun yang lalu, WR Supratman melantunkan lagu Indonesia Raya pertama kalinya dalam kongres Sumpah Pemuda. Lagu yang menggambarkan semangat dan cita-cita kebangsaan tersebut kemudian dinyanyikan dari bibir ke bibir untuk menghimpun semangat Indonesia merdeka.

Guna merawat dan menjaga api kebangsaan yang terkandung dalam Indonesia Raya 3 stanza, Go-Jek sebagai bagian dari anak bangsa terpanggil untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali Indonesia Raya dalam 3 stanza khususnya pada generasi milenial Indonesia.  Menggandeng berbagai elemen masyarakat lintas sektor, Go-Jek membuat video musik layanan masyarakat lagu Indonesia Raya 3 stanza dalam rangka Sumpah Pemuda.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan video tersebut bisa menyampaikan ke masyarakat bahwa lirik aslinya memang 3 stanza bukan pihak Kemdikbud yang mengubah Lagu Indonesia Raya 3 stanza. “Lagu ini akan terus dikenalkan di sekolah-sekolah, misalnya saat upacara. Sebenarnya memang ada 3 stanza. Tapi selama ini belum banyak diperkenalkan. Padahal maknanya sangat mendalam,” urainya.

Sementara itu, Chief HRGO Go-Jek Indonesia, Monica Oudang mengatakan bahwa pihaknya ingin turut serta mengembangkan indonesia lebih maju lagi dengan mengeluarkan video musik Indonesia Raya 3 stanza. “Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia itu terdiri dari Sabang sampai Merauke. Video ini didukung penuh oleh para mitra Gojek, khususnya anak muda,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (30/10).

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Persik menambahkan bahwa histori dan substansi lagu indonesia Raya 3 stanza ini luar biasa untuk mengedepankan lagi nilai-nilai keindonesiaan yang ingin kita sampaikan. “Lagu ini bisa membantu upaya mengampanyekan nilai-nilai tersebut ini pada generasi milenial secara lebih luas. Sebuah cara baru menghidupkan kesakralan lagu Indonesia Raya, apalagi disajikan dengan cara yang sangat menyentuh,” terangnya.

Tak hanya para mitra, publik figur pun ikut berperan dalam video musik. Salah satu penyanyi Indonesia, Andien didaulat untuk ikut menyanyi pada video musik tersebut. “Menarik, pertama kali diajak ikut terlibat dalam pembuatan video musik Indonesia Raya, saya dikasih konsepnya, lalu saya resapi lagunya. Dan tidak tahu mengapa saat proses produksi saya mentikkan air mata. Padahal lagu Indonesia Raya tak asing bagi saya, pengaruh penambahan stanza dengan tiga lirik yang dahsyat ini benar-benar membuat saya terharu,” ujarnya. (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: