Selamat Hari Kartini 2017, Perempuan Indonesia

R.A. Kartini, adalah pahlawan nasional yang kita kenal sebagai ikon emansipasi perempuan di Indonesia. Dalam Lagu Wajib “Ibu Kita Kartini”, ia diposisikan sebagai ibu Bangsa Indonesia.
, Majalah Kartini | 21/04/2017 - 06:04

Selamat Hari Kartini 2017, Perempuan Indonesia

Majalahkartini.co.id – Setiap Tanggal 21 April kita sebagai warga negara Indonesia khususnya perempuan merayakan Hari Kartini. hal tersebut terlihat dari tahun ke tahun sejauh yang kita ingat setiap hari Kartini di sekolah diimbau memakai pakaian adat daerah dari berbagai pelosok tanah air atau kegiatan‐kegiatan yang berkaitan dengan perempuan. Padahal justru dalam sejarahnya R. A. Kartini malah berusaha mendobrak dominasi kaum pria dimana kaum perempuan bisa sekolah setinggi‐tingginya, dan mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria.

Tapi, ironisnya justru setelah sekian lama kondisi kaum perempuan saat ini masih banyak yang jauh dari harapan, ada yang mandiri seolah‐olah bisa hidup tanpa kaum pria, atau kaum perempuan menjadi budak di negeri orang dan menjadi bahan pelecehan atau diperjual belikan. Yang seharusnya adalah kesetaraan, saling menghormati, saling mendukung, dan saling menjaga kebebasan secara manusiawi.

Di dalam keluarga, di dalam pekerjaan, di dalam masyarakat, masih banyak kita lihat ketidakadilan yang diterima oleh kaum perempuan. Nasib sebagai kaum perempuan ada ditangan kita sendiri, jadi perlihatkan kalau kaum perempuan itu tidak lemah dan mempunyai kekuatan untuk melebihi kaum pria tapi tidak lepas dari tanggung jawab terhadap keluarga, pekerjaan, dan masyarakat sebagai kodratnya kaum perempuan.

Semoga makna Kartini ditahun ini dan juga tahun‐tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan‐kegiatan tapi muncul Kartini‐Kartini baru yang melegenda seperti R.A. Kartini. “Semoga semangat-semangat yang dimiliki R. A Kartini bisa menginspirasi kita semua,” tutur Dian Sastrowardoyo.

Seperti yang dikatakan oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, jika sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan. “Semoga kaum perempuan bisa ikut berpartisipasi mengisi pembangunan dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara,” harapnya.

Dan dibalik suksesnya sebuah keluarga biasanya ada seorang perempuan yang kuat, dan tabah memikul beban sebagai seorang istri, seorang ibu, seorang karyawati, dan seorang anggota masyarakat yang baik dan berkpribadian. (Foto: istimewa/Video: Majalah Kartini)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: