Selamat Hari Anak Perempuan Internasional!

Hari ini, Selasa, 11 Oktober 2016 diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Internasional, (International Day of the Girl Child).
, Majalah Kartini | 11/10/2016 - 19:30

MajalahKartini.co.id – Hari ini adalah hari spesial yang ditujukan untuk para anak perempuan di dunia yang di deklarasikan oleh PBB dan diperingati untuk yang pertama kalinya pada tahun 2012. Seperti yang dilansir dari laman unwomen.org. Awalnya diusulkan sebagai resolusi oleh Kanada di Majelis Umum PBB Rona Ambrose, Menteri Kanada untuk Status Perempuan, disponsori oleh delegasi perempuan dan anak perempuan membuat presentasi dalam mendukung inisiatif di Komisi PBB yang ke-55 tentang status perempuan.

Pada tanggal 19 Desember 2011, Majelis Umum PBB memutuskan untuk mengeluarkan resolusi untuk menetapkan 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Internasional. Dan untuk pertama kalinya di peringati pada 11 Oktober 2012. Hari Anak Perempuan Internasional berfokus pada mempromosikan pemberdayaan perempuan dan menyoroti tantangan unik anak gadis di seluruh dunia.

Paling sering topik dibahas PBB adalah masalah pernikahan anak di bawah umur, kehamilan remaja diluar pernikahan, kekerasan dan penjualan anak dijadikan buruh kasar, diskriminasi, pendidikan, kesehatan serta lainnya. Hari ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran warga dunia akan ketidaksetaraan gender yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia berdasarkan jenis kelamin mereka.

Ketimpangan tersebut mencakup area seperti hak atas pendidikan / akses ke pendidikan, gizi, hak-hak hukum, perawatan medis, dan perlindungan dari diskriminasi, kekerasan terhadap perempuan dan pernikahan anak di bawah umur. Setiap tahunnya, Hari Anak Perempuan Internasional memiliki tema yang berbeda-beda.

Seperti ketika pertama kali diperingati, Hari Gadis Internasional memiliki tema “Mengakhiri Pernikahan Anak” Sementara untuk tahun 2016 ini, temanya adalah “Girls’ Progress = Goals’ Progress: A Global Girl Data Movement”.

Pada hari anak perempuan internasional sedunia ini saat bagi anak-anak perempuan bisa menyampaikan kepada dunia tentang hak-hak kamu dan membuktikan kepada dunia bahwa perempuan juga memiliki kemampuan. Selamat Hari Anak Perempuan Internasional! (Foto: Unwomen.org)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: