Sandi Rahasia Ini Akan Mengabarkan Kematian Ratu Inggris

Meninggalnya Ratu Elizabeth II akan menjadi topik utama berbagai media dunia selama berhari-hari bahkan berpekan-pekan atau bulan.
, Majalah Kartini | 17/03/2017 - 19:01

Britain's Queen Elizabeth waves from onboard the Spirit of Chartwell, as it approaches Westminster Bridge during her Diamond Jubilee Pageant on the River Thames in London June 3, 2012. Britain's Queen Elizabeth joined an armada of 1,000 boats in a gilded royal barge, in a pageant down the River Thames on Sunday in a spectacular highlight of four days of nationwide celebrations to mark her Diamond Jubilee. REUTERS/Stefan Wermuth (BRITAIN - Tags: SOCIETY ROYALS ENTERTAINMENT) ORG XMIT: SWT11

MajalahKartini.co.id – Pemerintah Inggris ternyata telah mempersiapkan rencana khusus jika suatu saat monarki yang bertahta meninggal dunia. Rencana itu dijalankan setelah kata sandi rahasia yang mengabarkan wafatnya Raja atau Ratu Inggris disebarkan.

Berdasarkan laporan Guardian, kata sandi yang digunakan untuk mengumumkan kematian monarki Inggris saat ini, Ratu Elizabeth II adalah “London Bridge is down”. Saat ayah sekaligus pendahulunya, Raja George VI meninggal dunia, kata sandi yang digunakan adalah “Hyde Park Corner”.

Kematian Sang Ratu pertama kali akan dikabarkan oleh Sir Christopher Geidt, mantan diplomat yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Ratu Elizabeth II. Setelah Sir Christopher menyampaikan kabar duka tersebut, seorang pegawai akan membangunkan Perdana Menteri (PM) Inggris dengan kata sandi “London Bridge is down” agar operator komunikasi di Istana Buckingham tidak mengetahui berita tersebut.

Sandi Rahasia Ini Akan Mengabarkan Kematian Ratu Inggris

Kantor Pusat Respons Global Hubungan Luar Negeri yang berada di London kemudian akan menyampaikan berita meninggalnya Ratu Inggris kepada pemerintah di 15 negara di luar Inggris di mana Ratu menjadi kepala negaranya. Berita itu juga akan dikabarkan kepada 35 negara Commonwealth di mana monarki Inggris menjadi pemimpin simbolis sejak 1945.

Berita meninggalnya Ratu Elizabeth II juga akan dikirimkan sebagai kilasan informasi kepada Asosiasi Pers dan selanjutnya kepada media global. Sebelumnya, sampai 1930, setiap kali Monarki Inggris wafat berita kematian mereka akan disiarkan oleh kantor berita pemerintah, BBC.

Dilansir Russia Today, Jumat (17/3), kabar kematian Ratu Elizabeth II akan jauh lebih cepat diumumkan kepada warga Inggris dibandingkan berita wafatnya Raja George VII. Saat Sang Raja diketahui meninggal dunia pada 6 Februari 1952. pukul 7.30 pagi beritanya baru diketahui warga Inggris pada pukul 11.15 siang.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II akan menjadi topik utama berbagai media dunia selama berhari-hari bahkan berpekan-pekan atau bulan. Media telah mempersiapkan berbagai cerita untuk diberitakan saat peristiwa itu terjadi. Sistem peringatan radio (rats) untuk keadaan darurat milik BBC akan menyala secara otomatis dan para penyiar dan disk jockey Radio Inggris akan melihat lampu peringatan yang dinamakan obit light. Lampu itu memperingatkan mereka untuk memutar lagu-lagu yang pas untuk suasana berkabung sampai berita duka diumumkan. (Foto: Reuters)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: