Saksikan Keragaman Budaya Indonesia dalam “Pasar Nusantara”

Menghadirkan pameran Jajanan Nusantara, Galeri Nusantara, dan Fashiontastic 2017.
, Majalah Kartini | 12/08/2017 - 14:00

pasar nusantara

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, Pondok Indah Mall (PIM) mengadakan Pasar Nusantara yang berlangsung pada 10 – 20 Agustus 2017, dengan puncak acara pada 17 Agustus 2017. Pasar Nusantara ini menghadirkan pameran Jajanan Nusantara, Galeri Nusantara, dan Fashiontastic 2017 ‘Ragam Karya Indonesia’.

Jajanan Nusantara menghadirkan lebih dari 25 macam kuliner Nusantara, seperti: Umah Pete, Empal Gentong, Ketoprak, Pecel Pincuk, Tempe Mendoan, Gudeg Pejompongan, Pempek, Rujak Buah Cingur, Soto Mie, Soto Betawi, Serabi Notosuman, Cakwe, Sate Padang, Kerak Telor, Kue Ape, Kue Cubit, Kue Pancong, Kue Pukis, Martabak Mini, Leker, Kue Rangi, Tahu Gejrot, Ayam Taliwang, Tahu Bakso, Roa Manado, Soto Bangkong, Es Podeng, Tauge Goreng, Dawet Ireng, Gulali Harum Manis, dan aneka cemilan lainnya. Pengunjung dapat menikmati aneka kuliner Indonesia dengan mengunjungi pameran Pasar Jajanan Nusantara yang terletak di Skywalk Utara lantai 2.

Sementara itu, Galeri Nusantara merupakan galeri yang diisi dengan berbagai macam hasil kreasi tangan anak Indonesia, di antaranya batik, wayang, keris, kain Nusantara, kerajinan dan kriya
Nusantara, perlengkapan dan interior khas Nusantara, kendaraan dan otomotif Nusantara, hijab Nusantara, pernikahan Nusantara, galeri dan taman Nusantara, serta dolanan anak Nusantara. Galeri Nusantara dapat ditemukan di PIM 1 lantai dasar dan Atrium Street Gallery.

pasar nusantara 2Sedangkan Fashiontastic 2017 dengan tema ‘Ragam Karya Indonesia’ pengunjung dapat menyaksikan peragaan busana
khas Nusantara yang mengikutsertakan fashion designer ternama Tanah Air, sekolah-sekolah mode Indonesia, beserta beberapa tenant fashion PIM. Adapun fashion designers yang turut berpartisipasi dalam Fashiontastic 2017 adalah Ivan Gunawan, Barli Asmara, Mahadevi, Danjyo Hiyoji, Hengki Kawilarang, Musa Widyatmodjo, Zainal Songket, Handy Hartono, Defrico Audy, Rasyid Salim, Pricilla Saputro, Sikie Poernomo, HIJUP, Tiffany Kenanga, Dana Duryatna, Irwansyah Mecs, Ariy Arka, Yoyo Prasetyo, DOTSBOX Designers, serta DJOEKIDS by
Ayundavira Intan

Eka Dewanto, General Manager PIM mengatakan, Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Perbedaan suku, ras, agama, bahasa, dan adat istiadat menjadikan Indonesia negara yang sangat majemuk. Perbedaan dan keberagaman ini tidak menjadi penghalang bagi keharmonisan, melainkan dapat disatukan dengan tali persaudaraan, persatuan, dan kebersamaan.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia melalui Pasar Nusantara untuk merayakan perbedaan dan keberagamanan
ini dengan terus menjunjung tinggi Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika,” kata Eka pada Press Conference di Jakarta, Kamis (10/8).

Tidak hanya itu, perayaan HUT RI di PIM juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan spesial tarian Sendratari Ramayana, Kecak dan Gamelan di atas panggung Fashiontastic pada 17 Agustus nanti pukul 19.00 WIB.
“Kami berharap ‘Pasar Nusantara’ ini dapat menambah rasa bangga masyarakat, terutama pengunjung PIM, terhadap kekayaan budaya bangsa Indonesia sehingga mampu bersinergi mewujudkan bangsa yang kokoh dan saling menghormati,” kata Eka.(Foto : Dok. PIM)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: