PPLIPI Salurkan Bantuan Modal pada Ribuan Perempuan Pelaku UMKM

Mengapresiasi para perempuan pejuang ekonom keluarga agar usaha mereka bisa lebih berkembang dengan bantuan modal. 
, Majalah Kartini | 21/07/2017 - 10:04

PPLIPI Saluran Bantuan Modal pada Ribuan Perempuan Pelaku UMKM

MajalahKartini.co.id – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) memberikan bantuan permodalan kepada 1.300 perempuan pelaku UMKM Rabu (19/7) di SMESCO, Jakarta. Program komisi Az Zahra dan komisi terkait, Komisi Sosial dan Komisi UKM sebagai bentuk apresiasi PPLIPI kepada Azzahra Community, yang merupakan cikal bakal lahirnya PPLIPI.

Kegiatan pemberian bantuan permodal kepada UMKM ini awalnya selama lima tahun berturut-turut dilaksanakan oleh Azzahra Community. Setelah Azzahra melebur ke dalam Kepengurusan Organisasi Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), maka kegiatan pemberian bantuan modal sejak tahun 2017 resmi menjadi program prioritas PPLIPI di bawah koordinasi Komisi Azzahra.

“Bila tahun-tahun sebelumnya penerima bantuan diawali dengan jumlah 100 orang, lalu 500 orang, kemudian naik menjadi 800, lalu bertambah lagi menjadi 1.000 dan kemudian 1.200 orang, maka untuk tahun 2017 ini, kami dapat mengumpulkan dana bantuan modal untuk diberikan kepada 1.300 orang,” kata Dra. Hj. Indah Suryadharma Ali, Ketua Umum PPLIPI.

PPLIPI Saluran Bantuan Modal pada Ribuan Perempuan Pelaku UMKM1

Lebih lanjut Sekretaris Jenderal PPLIPI, Maya Miranda Ambarsari, SH, MIB menambahkan, dana yang terkumpul antara lain dari ZIS (Zakat, Infak, Sedaqoh) dari anggota maupun simpatisan PPLIPI. Dana ZIS yang dikemas menjadi dana ZIS produktif ini, diserahkan kepada para perempuan yang berhak menerima ZIS, karena para penerima bantuan permodalan adalah para perempuan dhuafa, baik karena mereka adalah single parents/berstatus janda, atau memiliki suami yang tidak berpenghasilan karena satu dan lain sebab, atau memiliki suami dengan penghasilan yang tidak mencukupi.

“Perempuan-perempuan yang menurut kami adalah para pejuang ekonomi keluarga ini, perlu diapresiasi. Dan bentuk apresiasi kami kali ini adalah dengan memberi bantuan permodalan, agar usaha mereka bisa lebih berkembang, dan berdampak langsung pada perekonomian keluarga yang menjadi lebih baik,” jelas Maya.

Sementara untuk para perempuan lain, kata dia yang juga berkiprah di dunia entrepreuner, PPLIPI juga memberi dukungan dalam berbagai bentuk. Seperti membuka akses untuk berbisnis secara online, di mana PPLIPI bekerja sama dengan Telkom. Membuka akses untuk mendapat fasilitas KUR dan Kredit lainnya.

“Untuk hal ini kami bekerjasama dengan BRI. Bahkan untuk pemasaran ke pasar global, kami telah menjalin kerja sama dengan MICH (Malaysia- Indonesia Corporate House),” lanjut Maya. PPLIPI meminta doa dan dukungan semua pihak, agar organisasi sosial kemasyarakatan ini dapat terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi Negeri tercinta ini, melalui Pemberdayaan Perempuan Indonesia. (Foto: Dok. PPLIPI)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: