Perempuan di 5 Daerah Ini Sulit Dipinang

Daerah-daerah di Indonesia memiliki adat istiadat masing-masing, seperti dalam prosesi pernikahan.
, Majalah Kartini | 26/02/2017 - 12:01

Wanita di 5 Daerah Ini Sulit DipinangMajalahKartini.co.id – Mengambil hati para perempuan Indonesia mungkin susah dan rumit. Beberapa tahapan harus dilewati apabila akan mengajak ke jenjang yang lebih serius, yaitu menikah. Seperti dilansir IDN Times, berikut perempuan daerah-daerah di Indonesia yang sulit untuk dipinang :

1. Makassar
pernikahan makassar

(Foto:istimewa)

Perempuan asal Makassar yang rata-rata adalah keturunan Bugis memang menarik untuk dipinang. Kecantikan parasnya bisa membuat terpana yang memandang. Sayangnya, untuk meminang  perempuan Makassar itu memang terbilang tidak mudah. Pria wajib melalui beberapa tahapan sebelum bisa meminang wanita Makassar keturunan Bugis. Salah satunya, pria wajib menyiapkan uang panai atau semacam uang hantaran yang perlu disiapkan dan diberikan sebagai mahar pre-pernikahan ke orang tua wanita Makassar dalam rangka meminangnya.

Uang panai tersebut jumlahnya bisa terbilang tidak sedikit. Pria perlu menyiapkan uang panai yang besar jika orangtua wanita menghendaki demikian atau jika wanita tersebut memiliki pendidikannya yang tinggi.

2. Medan
pernikahan batak(Foto:youtube)

Medan yang sebagian besar wilayahnya dihuni suku Batak juga termasuk daerah di Indonesia yang gadisnya sukar untuk dipinang. Tahapan untuk bisa meminang perempuan Batak itu memang panjang dan susah sekali.

Syarat akan budaya, meminang perempuan Batak  itu bisa dibilang berkorban banyak hal termasuk waktu dan uang. Sama halnya dengan meminang perempuan Makassar, meminang perempuan Batak juga memerlukan sejumlah uang tanda jadi untuk melamar yang dikenal dengan istilah Sinamot. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman kini Sinamot lebih ke simbol, bukan lagi uang beli seperti maknanya dahulu.

3. Kalimantan Barat
pernikahan dayak

(Foto:istimewa)

Selain gadis Batak dan Bugis Makassar, meminang gadis Dayak Ot-Danum yang berasal dari Serawai dan Ambalau, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat ternyata juga sangat sulit. Keayuan paras yang dimiliki wanita Dayak Ot-Danum setara dengan proses atau tahapan yang perlu dilalui oleh sang pelamar ketika akan meminangnya.

Setiap prosesi melamar, para pria harus menyiapkan banyak bawaan yang isinya tak sedikit. Bisa berupa uang, emas, kain, dan manik-manik. Bawaan tersebut dimaksudkan untuk mengambil hati orang tua dan perempuan agar pria berhasil dalam melamar.

4. Jawa Barat
pernikahan sunda(Foto:rumahnikah)

Kecantikan  perempuan Sunda memang tidak ada duanya. Namun, paras cantik tersebut juga harus berbanding lurus dengan prosesi serta tahapan yang perlu dilalui oleh pria untuk bisa mendapatkan hati dan kedua orangtuanya.

Selain itu, prosesi pernikahan yang amat panjang, hantaran yang beragam, melamar perempuan Sunda tak bisa sembarangan. Karena mereka percaya jika mitos “kalau perempuan Sunda itu tidak bisa sembarangan dipinang, terlebih oleh pria Jawa.”

5.Toraja
pernikahan toraja(Foto: istimewa)

Yang terakhir adalah gadis asal Toraja yang sangat sulit untuk dipinang. tahapan yang sangat panjang harus dilalui seperti membawa hantaran berupa bayaran mas kawin dalam jumlah banyak. Karena menurut adat, pria wajib menyiapkan mas kawin sekitar 1 hingga 12 ekor kerbau untuk perempuan  golongan puang (seperti bangsawan). kemudian 1 sampai 3 ekor untuk wanita golongan tumakaka dan 1 ekor kerbau untuk perempuan golongan hamba. (Foto: istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: