Pekan Ini Bus Sekolah Desa Terisolir Diluncurkan

15 bus sekolah untuk mengantar siswa dari desa yang tidak dilalui angkutan umum di Purwakarta siap diluncurkan pekan ini.
, Majalah Kartini | 26/01/2017 - 18:24

Pekan Ini Bus Sekolah Desa Terisolir Diluncurkan

MajalahKartini.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta meluncurkan 15 unik mini bus sekolah untuk sejumlah kecamatan/dasa yang belum dilalui angkutan umum. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengklaim bahwa unik mobil itu cukup untuk mengangkut anak-anak sekolah dari beberapa kecamatan/desa yang masih belum di lalui angkutan umum. “Cukup dong, dari 17 kecamatan kan tidak semuanya tidak dilalui angkutan umum, hanya beberapa saja,” katanya, Rabu (25/1).

Dedi mengatakan, bahwa peluncuran bus sekolah itu akan diluncurkan pada pekan ini. Dedi menekankan, bahwa sekolah ini diprioritaskan untuk daerah yang belum dilalui angkutan umum atau angkutan umum terbatas. Semperti Kecamatan Bojong, Pondok Salam, Kiarapedes, Sebagian Cibatu dan Campaka.

Mobil itu, kata Dedi, akan mengangkut siswa saat pergi dan pulang sekolah. Karena jam masuk siswa di Purwakarta lebih pagi yakni pukul 06.00 WIB, maka mobil ini akan menjemput pukul 05.00 WIB.

Bus sekolah yang dilunurkan di Purwakarta ini berbeda dengan bus sekolah lain, pasalnya, sopir bus sekolah itu akan melinbatkan tentara dari setiap Komando Rayon Militer (Koramil) pada setiap kecamatan. “Jadi nanti saat mengendarai dan menunggu siswa, TNI bisa menceritakan kisah-kisah nasionalisme dan kebhinekaan lainnya,” tuturnya.

Selain mempermudah anak sekolah dalam menjangkau tempat meraih ilmu. Dedi mengatakan, bus sekolah itu sengaja diluncurkan agar siswa tidak mengendari motor maupun mobil ke sekolah. Apalagi larangan itu sudah diberlakukan di Purwakarta sejak 2016. (Foto: Humas Pemkab Purwakarta)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: