Mufidah Jusuf Kalla Buka Jogja International Batik Biennale 2016 (JIBB)

Jogja diharapkan menjadi panutan batik dunia.
, Majalah Kartini | 12/10/2016 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Ibu Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla meresmikan Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2016 di Jogja Expo Center Banguntapan Bantul, Yogyakarta, Rabu (12/10), pukul 10.00 WIB. Perhelatan perdana mengangkat tema ‘Tradition for Inovation’ ini adalah cara tersendiri dalam menyambut hari Batik Nasional, dan memaknai anugrah Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia, yang diberikan oleh Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC), pada peringatan 50 tahun organisasi tersebut di Dongyang, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, pada Oktober 2014 lalu.

Kunjungan Kerja Ibu Mufidah Jusuf Kalla di Yogyakarta didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, Pengurus DEKRANAS, adapun agenda yang akan dilalui Ibu Wapres bersama rombongan usai peresmian pembukaan JIBB 2016 dilanjutkan dengan kunjungan ke Bale Raos didampingi Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan menuju di Balai Besar Kerajinan & Batik baru kemudian bertolak kembali ke Jakarta.

Dalam sambutannya, Ibu Mufidah menyampaikan kebanggaannya terhadap Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia oleh WCC. “Saya melihat JIBB 2016 menjadi sarana edukasi, diskusi, simposium, kunjungan terkait batik dan pameran, saya harap ini dilakukan berkesinambungan setiap setahun sekali,” ujar Mufidah.

Batik Indonesia kata dia, telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Ini merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia yang dapat mengangkat potensi berbudaya dan perajin batik. “Saya menyampaikan apresiasi seluruh pemangku kepentingan atas terlaksananya JIBB 2016 ini, saya harap status ini perlu dipertahankan dengan 7 kriteria (ekonomi, konsistensi, historical, cultural, global). Dan saya harap Jogja jadi panutan batik dunia,” lanjut Mufidah yang juga selaku Ketua DEKRANAS. (Foto : Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: