Mudik dengan Motor, Jangan Lupa Tips Berikut

Karena rindu adalah harga paling mahal untuk bertemu orang-orang terkasih di kampung halaman.
, Majalah Kartini | 16/06/2017 - 09:04

tips-mudik-lebaran-pakai-motor

MajalahKartini.co.id – Musim mudik 2017 tinggal menunggu hari. Jalan-jalan segera dipenuhi oleh kendaraan-kendaraan yang siap disambut sanak sodara di kampung halaman. Jakarta dan kota besar lainnya segera ditinggalkan. Dan jalan-ajalan utama menuju kampung-kampung akan selalu menjadi jalur paling padat setiap tahunnya.

Karena rindu adalah harga paling mahal untuk bertemu orang-orang terkasih di kampung. Maka baiknya kita mempersiapkan diri untuk menjaga diri. Selain itu, mengingat mudik merupakan perjalanan panjang dan melelahkan, pentingnya segala sesuatu perlu dipersiakan dengan matang. Apalagi sepeda motor masih menjadi moda transporatasi pilihan masyarakat setiap kali mudik lebaran.

Lalu bagimana bisa mudik dengan sepeda motor aman dan nyaman? Persiapannya tentunya harus matang. Berikut tips mudik dengan motor yang dikutip dari laman mudikgratis.com

Persiapan Sebelum berangkat

1. Periksa kembali surat-surat kendaraan anda. Pastikan SIM dan STNK anda masih berlaku dan belum kadaluarsa.
2. Periksa kondisi dan perlengkapan motor anda, seperti kondisi mesin dan oli, kelayakan rem depan dan belakang, kelayakan lampu utama, lampu petunjuk, dan lampu isyarat, kemudian jangan lupa periksan kelayakan roda belakang dan depan.
3. Siapkan jas hujan, dan perlu sekali mengenakan helm fullface dengan standar SNI.
4. Persiapkan uang tunai yang cukup, ATM anda tak kan berguna jika anda terhenti didaerah yg blm ada jaringan ATM
5. Persiapkan peta jalur mudik baik yang berupa peta digital, gps atau peta mudik yang berbentuk kertas
6. Jika ini adalah pengalaman pertama mudik menggunakan sepeda motor, tidak ada salahnya anda berangkat bersama rombongan atau teman yang satu arah
7. Tuliskan kota tujuan anda dibelakang motor anda dan anda akan mendapat banyak teman baru yang mudik searah

Saat Perjalanan Mudik

1. Mulailah dengan berdoa sebelum perjalanan dimulai.
2. Baju yang anda kenakan diharapkan dengan jaket yang nyaman, jangan jaket yang sempit atau longgar. Kemudian, pakai sepatu, ini sangat penting sekali tapi masih banyak yang mengabaikan. Dengan memakai sepatu kaki anda akan menjadi lebih aman.
3. Pastikan badan anda sehat, jika badan anda tidak sehat jangan memaksakan diri untuk mudik menggunakan sepeda motor.
4. Jangan membawa balita, jika terpaksa harus mudik dengan sepeda motor, ikuti mudik gratis kemenhub yg dikhususkan bagi pemudik motor.
5. Taati peraturan lalu lintas. Jangan lupa juga nyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari.
6. Kemudian jangan membawa barang berlebihan. Jangan meletakan barang dekat dengan stang stir, karena itu bisa memengaruhi manuver kendaraan anda.
7. Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan.
8. Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan.
9. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat.
10. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.
11. Buat perjalanan mudik Anda sebagai pengalaman mudik motor yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.
12. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit. Jangan paksakan diri anda terus berkendara karena ingin cepat sampai tujuan.
13. Jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpenjam
14. ika ingin membeli makanan dan minuman pastikan membeli ditempat yang sudah pasti harga jualnya. Jika terpakasa membeli di warung dadakan pinggir jalan, tanya dulu harga makanan yang diinginkan. Seringkli ada pedagang nakal yang memanfaatkan momen mudik untuk mencari untung. (ilustrasi foto: rayaposcom)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: