Mengungkap Isi Jar Selai Favorit yang Mengejutkan Anda

Tersebarnya gambar kandungan bahan-bahan Nutella ini akan membuat Anda terkejut
, Majalah Kartini | 20/01/2017 - 09:13

Mengungkap Isi Jar Selai Favorit yang Mengejutkan Anda

MajalahKartini.co.id – Terlihat biasa memang untuk disebut selai cokelat dan hazelnut. Biasa dikenal dengan nama ‘Nutella’, enak dan mahal. Namun, dalam gambar yang tengah beredar ini menunjukkan jar tersebut diisi lima lapisan bahan utama dalam bentuk mentah yakni, minyak sawit, kakao, hazelnut, susu bubuk skim dan gula.

Setiap lapisan dikatakan akurat karena telah dianggap cukup atau sesuai proporsi masing-masing. Tapi, mengejutkan sekali jika ternyata setengah toples jar Nutella diisi dengan gula putih. Gambar itu beredar di media sosial pekan ini, beredar di Reddit, dan telah dilihat sebanyak 28.700 kali. Hal ini tentunya membuat gelisah para penikmat Nutella, terlebih setelah muncul sebuah laporan dari European Food Safety Authority (EFSA) yang juga menyatakan jika kandungan kelapa sawit lebih banyak dibanding jenis minyak lainnya.

Tapi, pihak Nutella membantah jika produk yang diproduksinya bisa menimbulkan risiko kanker, karena minyak sawit yang mereka gunakan adalah yang memiliki kualitas tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi. Nutella, yang dibuat oleh Ferrero, menyangkal jika beredarnya gambar tersebut tidak akurat sama sekali. Karena semua bahan-bahan yang digunakan atau resep yang mereka pakai adalah sebuah rahasia dan dijaga ketat. Bahkan, mereka menyebut jika komposisi bahan-bahan sangat ditakar sesuai proporsi.

Namun, Nutella dalam situsnya menjelaskan jika informasi gizi yang terkandung di setiap 15 gram sendok mengandung 8,5 gram gula atau setara dengan 227,2gram dalam 400gram jar. Di antara bahan-bahan lain, yang digambarkan pada lapisan khas dalam jar Nutella adalah minyak sawit yang kontroversial. Sementara, cokelat yang mereka gunakan akan menyebar tergantung pada minyak kelapa sawit hingga menciptakan tekstur yang halus dan tahan lama.

Nutella mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami tidak mengungkapkan proporsi penuh bahan dalam Nutella sebagai resep kami yang unik dan kami ingin menjaga ini”. “Label produk menyediakan informasi sederhana dan jelas gizi per porsi 15g, atau dua sendok teh menumpuk, serta per 100g. Bahan-bahan juga tercantum di website Nutella,” seperti dilansir dari dailymail.co.uk

Ferrero, produsen Nutella menambahkan: “Salah satu inti keyakinan gizi Ferrero adalah bahwa ukuran porsi kecil membantu orang untuk menikmati makanan favorit mereka di moderasi. Label pada produk kami memungkinkan konsumen untuk membuat pilihan informasi dan membantu memastikan bahwa Nutella bisa dinikmati sebagai bagian dari diet seimbang.

Ditambahkan pula terkait berbagai hal yang dikatakan terkait Nutella menimbulkan kanker, “Kesehatan dan keselamatan konsumen adalah prioritas mutlak dan pertama bagi Ferrero dan kami pastikan bahwa produk Ferrero aman,” disampaikan pihak Ferrano kepada dailymail.co.uk “EFSA telah menganalisis kehadiran kontaminan dalam sejumlah besar produk dan minyak yang menyatakan bahwa kehadiran kontaminan tergantung pada minyak dan lemak yang digunakan serta proses yang mereka pakai.” jelasnya.

‘Sehingga bisa disimpulkan jika Ferraro sangat hati-hati dalam memilih bahan baku berkualitas dan berlaku proses industri tertentu yang membatasi kehadiran mereka (red-kanker) ke tingkat minimum. Begitu sepenuhnya sejalan dengan parameter yang didefinisikan oleh EFSA. Selain itu, tim kami terus memantau faktor tersebut dan menjamin keamanan pangan dari produk kami kepada konsumen”. tutupnya. (Penerjemah:Evi Indria /Foto:Reddit/MrFlow)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: