Memaknai Ulang Kode Busana di Upacara Kemerdekaan RI

Kode busana adat itu diorkestrasi oleh Presiden di sebuah tempat yang paling representatif bagi bangsa ini, yaitu Istana Negara.
, Majalah Kartini | 17/08/2017 - 15:03

Memaknai-Ulang-Kode-Busana-di-Upacara-Kemerdekaan-RI2

MajalahKartini.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  memimpin upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 dengan mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Begitu pula Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memakai pakaian adat Makassar. Sementara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla memakai pakaian daerah Sumatera Barat.

Peminat Budaya, Ari Ambarwati mengatakan kode busana (dress code) adat di gelaran upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke 72 di Istana Negara kali ini memberi dua kesan. “Pertama Istana Negara menjadi etalase pajang ‘warna’ Indonesia yang sesungguhnya memang plural dan kedua Istana Negara menjelma sebagai melting pot paling representatif beragam budaya yang dimiliki Indonesia,” ujarnya kepada Majalahkartini.co.id.

20840988_747564638765721_5269495624172369803_n

Dosen di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Malang (Unisma) ini menuturkan bahwa pakaian adalah nonverbal statement yang menunjukkan apa dan siapa (sesungguhnya) pemakainya, apa warna (baca: karakter) pemakainya dan dari wilayah mana pemakainya berasal. “Kode busana adat itu diorkestrasi oleh Presiden di sebuah tempat yang paling representatif bagi bangsa ini, yaitu Istana Negara. Ini merupakan soft diplomacy yang mengena, seolah baju-baju adat itu mendapatkan pemaknaan ulang atas keberadaannya,” ujar Ketua Pusat Studi Literasi Unisma ini.

Pemaknaan ulang itu, lanjur Ari adalah pengakuan kembali terhadap realitas keragaman budaya, adat istiadat, dan tata nilai yang dimiliki masyarakat Indonesia setelah beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia hiruk pikuk terpenjara dalam sekat sektarian Pilkada Jakarta.

Memaknai-Ulang-Kode-Busana-di-Upacara-Kemerdekaan-RI1

Kode busana adat selama ini hanya muncul di karnaval jalanan, sekolah, dan acara formal lain yang tidak melibatkan perasaan bersama sebagai sebuah bangsa. “Ketika kode busana adat mendapatkan tempat terhormat di Istana Negara dalam format upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 72, maka rasa ‘merdeka’ dua kali menyelinap dalam benak kita bersama,” ucap perempuan kelahiran 7 Januari 1972 ini. (Foto: Agus Suparto/Istimewa/Facebook Presiden Joko Widodo)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: