‘Lubang Hidup’ dan Arti Mencintai Lingkungan

Kegiatan ini bagian dari mengenalkan anak didik mencintai dan menjaga lingkungan.
, Majalah Kartini | 20/02/2017 - 16:32

'Lubang Hidup' dan Arti Mencintai Lingkungan

MajalahKartini.co.id – Secara natural biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitas organisma di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Kini tanah-tanah hampir tertutup rapat, disebabkan organisme-organisme telah lama pergi dan mati.

Untuk itu, Omah Dongeng Marwah (ODM) bersama 200-an anak muda dari 45 komunitas pecinta lingkungan, dan pendidikan di Kudus, mengadakan kegiatan pembuatan biopori (lubang hidup) pada Minggu pagi (19/2). Pembangunan biopori buatan bertajuk “Beri Ruang untuk Airmu!” ini dilakukan di Dukuh Pule, Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Rencanannya akan dibangun minimal 200 biopori, dengan diameter 10 centi meter, dan kedalaman 40-100 centi meter.

Meski dilaksanakan secara partikelir, tetapi kegiatan berlangsung amat semarak, guyub, dan penuh semangat gotong-royong. Mayoritas peserta adalah pelajar dan mahasiswa. Acara ini memang diprakarsai anak-anak muda Kudus dan dilaksanakan seluruh masyarakat.

Masyarakat menyambut dengan gegap gempita dan menikmati keramaian anak muda yang datang di desa itu. Bagai wisata lingkungan dadakan, anak-anak desa bersorak-sorai saling memberi bantuan konsumsi. Adegan gotong-royong yang amat indah terajut kembali. Dan anak-anak muda telah menginisiasi kegiatan untuk selalu mencintai lingkungannya. (Foto: Dok. ODM)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: