Libur Awal Tahun Baru ala Warga Jakarta

Tiga wisata andalan ibukota masih jadi destinasi favorit keluarga yang merayakan awal tahun baru.
, Majalah Kartini | 02/01/2017 - 11:00

liburan-awal-tahun-baru-ala-warga-jakarta

MajalahKartini.co.id – Antusias pada hari pertama 2017, masyarakat mengisi liburan dengan mengunjungi sejumlah lokasi wisata yang berada di sekitar Jakarta seperti kebun binatang Ragunan di Jakarta Selatan, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur dan pusat rekreasi Ancol di Jakarta Utara.

Pusat rekreasi Ancol setelah malam pergantian tahun tercatat dikunjungi oleh 150 ribu orang. “Memang terjadi peningkatan jumlah pengunjung Ancol pada hari ini. Diperkirakan pengunjung Ancol hari ini 150 ribuan,” kata Kepala Humas Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari di Jakarta, Minggu.

Hingga pukul 13.00 WIB, tercatat sekitar 100 ribu orang mengunjungi komplek Taman Impian Jaya Ancol. Rika mengatakan, pada hari-hari biasa Ancol dikunjungi sekitar 30-40 ribu pengunjung, sementara pada akhir pekan bisa mencapai 50-60 ribu.

Taman Impian Jaya Ancol pada Minggu pagi menggelar bersih pantai di Pantai Lagoon Ancol untuk membersihkan sampah-sampah pascaperayaan tahun baru dengan melibatkan para pengunjung. Kurang lebih 200-an pengunjung, yang masih berada di Ancol setelah perayaan pergantian tahun maupun yang baru datang, ikut terlibat di dalam kegiatan bersih pantai tersebut.

Pihak penyelenggara menyediakan sejumlah hadiah bagi para pengunjung yang ikut berpartisipasi melakukan kegiatan bersih pantai tersebut.

Demikian pula Kebun Binatang Ragunan dikunjungi oleh setidaknya 100 ribu orang pada hari pertama di tahun 2017. Menurut Kepala Humas Ragunan Wahyudi Bambang, hingga pukul 13.00 WIB, jumlah pengunjung Ragunan mencapai 101.055 jiwa.

Mereka datang dengan sejumlah kendaraan yakni bus tercatat 84 buah, mobil pribadi 3.563 buah serta sepeda motor 10.831. Kondisi itu kemudian membuat hampir seluruh ruas jalan di sekitar Ragunan macet akibat jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan tersebut.

Hingga Minggu sore, kepadatan lalu lintas di kawasan RM Harsono, Jalan TB Simatupang, Jalan Cilandak KKO dan sekitar Lenteng Agung masih terjadi. Sementara itu, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari pertama 2017 diperkirakan dikunjungi oleh 61 ribu hingga 100 ribu orang.

Kepala Bagian Humas TMII, Gerry Lahama mengatakan, taman wisata berbasis budaya seluas 100 hektar itu ditargetkan dikunjungi oleh 400 ribu orang. Untuk pengamanan sepanjang perayaan pergantian tahun, pengelola TMII dibantu oleh 1.000 aparat keamanan. Pengelola taman wisata itu juga menggelar acara seni sepanjang Desember 2016 antara lain wayang kulit, keroncong, dan ketoprak. (ANT/Foto: Liputan6)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: