KKP Ajak Masyarakat Ciptakan Inovasi Menu Ikan yang Kreatif

Upaya kreatif tentunya tidak hanya mengajarkan betapa pentinGya memanfaatkan sumber saya apa saja yang kita miliki.
, Majalah Kartini | 30/11/2016 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia menciptakan salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan gizi, keberlanjutan sumberdaya ikan dan kesejahteraan masyarakat. Bentuk upaya tersebut diwujudkan dalam lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan di tingkat Nasional yang ke-2. Diselenggarakan Senin (28/11), acara ini diikuti oleh para generasi muda yang berusia maksimal 25 tahun.

Ke-60 peserta begitu antusias mengikuti ajang lomba memasak berbahan baku ikan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. Peserta yang hadir berasal dari 30 provinsi yang berbeda. Mereka akan mengadu bakat dalam menciptakan menu masakan berbahan baku ikan yang dibagi dalam dua kategori yakni menu pembuka (appetizer) dan menu utama (main course).

Lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan tingkat nasional ke-2 ini tak hanya sekadar menciptakan kreasi masakan ikan tetapi untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan secara Nasional, sesuai dengan Instruksi Presiden No 7/2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional. Hal ini merupakan salah satu program ‘Quick Win’ yang diselenggarakan dalam rangka menumbuh kembangkan ekonomi kreatif berbasis kuliner hasil laut sekaligus meningkatkan konsumsi ikan bagi generasi muda. Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ikan nasional (HARKANNAS) ke-3 tahun 2016.

Selain itu, bagi peserta yang masuk dalam semi final akan dibukukan dalam bentuk booklet. “Siapa saja peserta yang masuk dalam semi final nanti akan dibukukan dalam bentuk booklet, lalu disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka juga bisa mencoba kreasi masakan tersebut,” terang Innes Rahmania, Direktur Direktorat Akses Pasar dan Promosi. Big bang acara akan diselenggarakan pada tanggal 10-11 Desember 2016 di parkir Timur Senayan dengan menggelar acara jalan sehat, demo cooking, lomba masak antar SD se-Jabodetabek dan festival kuliner yang berbahan dasar ikan dari seluruh nusantara. (Evi Indria/Foto : doc KKP)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: