Ketika Bersepeda Lebih Sekadar Hobi

Mengayuh sepeda, cara komunitas Bidonesia raup rupiah dan ukir prestasi.
, Majalah Kartini | 30/12/2017 - 12:51


MajalahKartini.co.id – Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan. Maka tak heran jika bersepeda menjadi gaya hidup kaum milenial. Komunitas sepeda Komunitas Bidonesia, merupakan sekumpulan anak muda yang memiliki hobi berseda sekaligus menjaga lingkungan.

Bagi pecinta kendaraan roda dua ini, bersepeda lebih dari sekedar gaya hidup membantu mengurangi kemacetan dan polusi tapi juga olahraga ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bukan hanya itu saja, ada banyak hal positif sekaligus menjadi peluang untuk meraup pendaparan tanpa mencemari lingkungan. Juga komunitas Bidonesia mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Komunitas kurir bersepeda ini mewakili Indonesia dalam ajang Holycrit di Singapura pada 16 Desember 2017 lalu dan The Cycle Messenger World Championships Latvia pada Agustus 2018.

Niki Bagoes Rizky pendiri Bidonesia mengatakan, awal mula berdirinya komunitas ini tak lepas dari kecintaannya mengayuh sepeda sejak 2010. Pada saat itu sepeda fixie memang tengah populer dan menjadi gaya hidup baru masyarakat urban.

Niki yang juga berprofesi sebagai kurir itu lantas terpikir untuk membuat gebrakan dengan menggandeng rekan-rekannya yang juga hobi bersepeda fixie. “Jadi kita berdiri resmi sejak 23 Oktober 2016. Masing-masing founder berprofesi sebagai kurir, kita juga sering nongkrong bareng. Terus kita lihat fenomena sepeda fixie itu lagi drop banget di Jakarta, akhirnya kepikiran untuk bikin wadah bagi kurir pesepeda dengan Bidonesia ini,” ujarnya pada temu media belum lama ini.

Penamaan Bidonesia sendiri, tambah Niki, terinspirasi dari kata ‘Bidon’ yang berarti wadah atau tempat minum yang digunakan ketika olahraga sepeda dan ‘Nesia’ yang diambil dari kata Indonesia. Dengan berdirinya Bidonesia ini, lanjut dia, diharapkan bisa mewadahi penggemar olahraga sepeda di Indonesia. (Foto : IG)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: