Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Perempuan di Peringkat 2 Terendah

Banyak perempuan yang tidak memiliki waktu untuk kesehatan dan nutrisi dirinya sendiri.
, Majalah Kartini | 08/03/2017 - 15:26

Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Perempuan di Peringkat 2 Terendah

Majalahkartini.co.id – Survey Kesehatan Wanita Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) pada 2017 diikuti oleh 500 perempuan di 5 kota besar di Indonesia. Dari survey tersebut menemukan sejumlah fakta-faktar yang terungkap.

Fakta tersebut diantaranya, perempuan Indonesia memiliki banyak tanggung jawab, mengurus orangtua, anak, suami, bahkan teman. Dengan demikian banyak yang tidak memiliki waktu untuk kesehatan dan nutrisi dirinya sendiri. 66% perempuan Indonesia mengerjakan paling sedikit 9 pekerjaan perharinya, seperti memasak, membersihkan rumah, dan mencuci pakaian. 1 dari 3 perempuan mengaku tidak memiliki waktu untuk diri sendiri.

Kesehatan fisik dan kesejahteraan berada di peringkat 2 terendah dari 5 prioritas dalam hidup, di bawah tiga prioritas teratas yaitu keluarga, spritual, dan keluarga. Meskipun 90% perempuan setuju bahwa gaya hidup sehat dan aktif bermanfaat untuk mengurus keluarga dan menjalankan peran di masyarakat. 93% perempuan percaya bahwa gaya hidup sehat dan aktif bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. 95% perempuan menilai kesehatan mereka baik 76% mengklaim diri merek aktif.

9 dari 10 perempuan Indonesia tidak mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, sementara 8 dari 10 wanita tidak berolahraga secara rutin,dan mayoritas menganggap olahraga suatu hal yang membosankan. Akibat kekurangan nutrisi dan olahraga, masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot menjadi lebih umum, di mana 58% perempuan menderita sakit punggung dan otot, dan 67% diantaranya tidak melakukan apa-apa untuk mencegah maupun mengobati masalah kesehatan tersebut.

Dibandingkan dengan penyakit lain, kesadaran terhadap penyakit tulang, sendi dan otot rendah. Lima masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan adalah diabetes, kolesterol, jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. 2 dari 3 perempuan takut tidak bisa mengurus keluarga di hari tua karesna keterbatasan yang disebabkan penyakit tulang, sendi dan otot. (Foto : Raga Imam)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: