ITB Akan Kembangkan Kampus di Vasanta Innopark

Visi menajdi enterpreneur university atau perguruan tinggi yang bisa menciptakan enterpreneur.
, Majalah Kartini | 10/08/2017 - 11:40

MajalahKartini.co.id – PT Sirius Surya Sentosa (SSS) mengganedng Institute Teknologi Bandung (ITB) kembangkan Technopark Univesity di Kawasan Vasanta Innopark Cibitung Bekasi. Kamis (22/7) dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, dengan Presiden Komisaris Vasanta Indo Properti, Agnus Supriadi dan jajaran direksi Vasanta

Kardasah mengatakan, ITB tertarik membangun Technopark University di kawasan Vasanta Innopart karena letaknya persis di pusat kawasan industri MM2100. Langkah ini juga mendekatkan salah satu visinya menajdi enterpreneur university atau perguruan tinggi yang bisa menciptakan enterpreneur. “Sejak awal 2016 kami telah mencanangkan menjadi enterpreneur university. Untuk mengujudkan itu kami harus dekat dengan Teknopark dan kawasan industri,” kata Kardasah.

Selain itu, menurut Kardasah, dengan mengembangkan ITB Technopark di Vasanta Innopark maka akan mendekatkan mahasiswa ITB dengan pasar dan kesempatan. Pasalnya, sudah banyak perusahaan mengembangkan pabrik di kawasan industri MM2100.

Sementara, Reggi Widjaja, President Director Sirus Surya Sentosa mengatakan pembangunan proyek Vasanta Innopark akan dimulai tahun 2018. Dengan kehadiran ITB Technopark diharapkan akan menjadi market yang besar bagi perusahaan dalam mengembangkan proyek-proyek residential disana. “Mahasiswa disana tentu membutuhkan hunian untuk tenpat tinggal,” ujarnya.

Kedepannya program lTB Technopark Bekasi ini tidak hanya melibatkan lTB sebagai aktor akademisi, akan tetapi melibatkan perguruan tinggi berstandar internasional seperti universitas yang berasal dari Jepang dan perguruan tinggi lainnya yang terdapat di wilayah Bekasi dan sekitarnya untuk bergabung.

Gedung universitas tersebut akan dibangun dengan luas 12.000 meter persegi. TInggi gedung 10 lantai. Gedung ini nantinya tidak hanya diperuntukkan sebagai kampus, tetapi juga menjadi pusat penelitian.

Gedung rersebut akan dipenuhi 7.500-10.000 orang diantaranya SDM, pengajar, mahasiswa dan tenaga penunjang lainnya. Gedung lTB Technopark Bekasi ini diperuntukan bagi Pusat Penelitian Unggulan dan Program Studi S2, S3 Vokasi (Terapan).Pusat Penelitian Unggulan yang rencananya akan dikembangkan diantaranya adalah Nanotechnology and Advance Science, Automotive and Transportation industry, Bio-Energy and Environment Management.

Sirius Surya Sentosa akan membangun proyek superblok Vasanta Innopark dengan rencana pengembangan seluas 100 hektar. Tahap pertama, perusahaan akan mengembangkan 12 hektar, yang didalamnya akan terdapat 17 tower. Tower-tower tersebut terdiri dari apartemen, office, hotel, universitas dan mal.(Foto : Istimewa)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: