Ini Makanan Kesukaan Jokowi di Istana

Jokowi suka makanan rumahan seperti sop ayam, sayur bening bayam itu, kalau tumis, tumis pepaya muda.
, Majalah Kartini | 22/05/2017 - 15:01

Ini-Makanan-Kesukaan-Jokowi-di-Istana

MajalahKartini.co.id -Presiden Joko Widodo kembali mengunggah video dalam akun YouTube-nya. Kali ini bukan Jokowi yang mengungkap cerita dari dapur presiden melainkan tukang masaknya.

“Saya mulai ikut Bapak Jokowi waktu itu tahun 2013 sampai sekarang kurang lebih empat tahun berjalan ini,” ujar Tri Supriharjo asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo, chef presiden Jokowi membuka video berjudul “Cerita dari Dapur Presiden” yang diunggah Sabtu (20/3) itu.

Menurut Tri, Jokowi termasuk orang yang sederhana. Jokowi suka makanan rumahan seperti sop ayam, sayur bening bayam itu, kalau tumis, tumis pepaya muda. Sedangkan lauknya, Jokowi menyukai tumis “oseng-oseng” tempe, Mie Ketoprak, yang menurutnya mirip Soto Mie, dan Soto Kuning. “Soto Kuning, sekarang kan di Bogor, hampir tiap hari Soto Kuning. Terus, tempe tahu bacem itu enggak lupa pasti. Teri, teri digoreng saja, teri medan itu,” kata Tri.

Tri juga mengungkap kebiasaan makan presiden Jokowi. Jokowi tak ingin nasi yang diletakkan di meja karena tidak dalam keadaan pasan. Dia lebih suka berjalan mengambil nasinya sendiri.

Tidak hanya makanan berat, Tri juga membocorkan camilan kesukaan mantan Walikota Solo itu. “Camilan kesukaan Bapak saat ini singkong goreng, jagung rebus, terus lento. Lento itu dari ketela kita, kita parut, kasih kelapa, digoreng. Sama bakwan, bakwan jagung atau bakwan sayur,” kata dia.

Untuk jus, Tri mengaku setiap hari mengganti buah jus. Misalnya, pagi hari jus melon, sore hari jus apel atau lainnya. Ada jus baru kesukaan Jokowi yaitu jus kedondong.

Tri juga mengungkap minuman wajib presiden Jokowi di pagi hari — jamu dan teh pahit. Dia bahkan berbagi resep jamu yang selalu diminum mantan Gubernur DKI Jakarta itu. “Jamunya Bapak terdiri dari temulawak, jahe, lantas kunyit. Nah, tempatnya itu agak besar. Kalau dulu mug nya agak kecil potongannya tiga-tiga tapi sekarang temulawaknya delapan potong, kunyitnya enam potong, terus jahenya tiga potong,” kata Tri.

Uniknya, Tri mengatakan cangkir yang digunakan presiden Jokowi untuk meminum jamu adalah cangkir jaman dulu. Jokowi suka minum di cangkir alumunium yang mempunyai corak blirik hijau atau coklat. “Memang sederhana sekali Bapak itu,” ujar dia. (Foto: Setkab, Video: Vlogger Jokowi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: