Inggris Akan Gelar Pemilu Dini

PM Theresa May mengumumkan rencana pemilihan umum dini pada 8 Juni di luar 10 Downing Street.
, Majalah Kartini | 19/04/2017 - 21:02

<> on September 30, 2013 in Manchester, England.

MajalahKartini.co.id – Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengumumkan akan meminta parlemen melakukan pemungutan suara untuk pemilihan umum dini pada 8 Juni. Sebelumnya, PM May pernah mengatakan tidak akan menggelar pemilihan umum hingga berakhirnya masa kerja parlemen saat ini pada tahun 2020 mendatang.

Namun, dia mengatakan sudah mengubah keputusan tersebut untuk menjamin stabilitas pada masa proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit dan setelahnya. “Saya menyimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk menjamin kepastian dan keamanan bagi tahun-tahun mendatang adalah dengan menggelar pemilihan umum ini,” tuturnya di depan kediaman resminya, 10 Downing Street, pada Selasa (18/04) seperti dikutip BBC.

Rencana pemilu dini ini disambut baik oleh pemimpin kubu oposisi Partai Buruh, Jeremy Corbyn. “Saya menyambut baik keputusan perdana menteri untuk memberi rakyat Inggris kesempatan memilih pemerintah yang akan menempatkan kepentingan mayoritas sebagai yang pertama.” Sementara Ketua Partai Liberal Demokrat, Tim Farron, menyatakan dukungan lewat Twitter, “Ini kesempatan kita untuk mengubah arah negara kita. Jika Anda ingin mencegah bencana Brexit yang keras,”  (Foto: theasianpost.co.uk)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: