Indonesia XXL: Film Dokumenter Pertama tentang Obesitas

Film Indonesia XXL mengangkat cerita mengenai perjuangan 2 penderita obesitas.
, Majalah Kartini | 19/09/2016 - 13:00

MajalahKartini.co.id – PrimaFit Academy bekerjasama dengan Warna Pictures Production, Selasa (23/8) lalu meluncurkan proyek bersama yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perhatian masyarakat terhadap salah satu penyakit yang berpotensi meningkatkan risiko kematian paling tinggi di Indonesia, yaitu obesitas. Proyek ini dituangkan dalam sebuah film dokumenter berdurasi 60 menit yang diberi judul “Indonesia XXL”.

Brian J. Billdt, Founder PrimaFit Group menjelaskan Film Indonesia XXL merupakan bentuk inisiatif bersama dalam merespon peningkatan kasus obesitas yang disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang dan gaya hidup sedentari. “Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kemampuan belanja dan perkembangan teknologi yang begitu pesat di Indonesia, masyarakat justru mengikuti gaya hidup yang kurang sehat dan kurang banyak bergerak,” katanya.

Film Indonesia XXL mengangkat cerita mengenai perjuangan 2 penderita obesitas, Neneng dan Ronny Dozer, untuk menjawab tantangan hidup yang lebih sehat dan lebih berkualitas melalui program kebugaran yang dilakukan selama 3 bulan, didukung dokter, ahli nutrisi dan ahli kebugaran yang kompeten.

Sejalan dengan misi edukasi film ini dan untuk menjangkau lebih banyak orang, film “Indonesia XXL” dapat diakses secara terbuka melalui Facebook “Indonesia XXL dan videoklip di youtube mulai tanggal 30 Agustus 2016, yang terbagi menjadi 4 (empat) episode berdurasi masing-masing 15 (lima belas) menit.

Jastis Arimba, sutradara film tersebut mengklaim bahwa ini merupakan film dokumenter pertama di Indonesia yang mengangkat isu obesitas. Obesitas umumnya dianggap sebagai sesuatu yang tabu dan memalukan sehingga tidak banyak dibicarakan. Padahal jika tidak ditangani dengan tepat, obesitas dapat menyebabkan penyakit-penyakit turunan yang dapat mengakibatkan kematian.

“Film ini memperlihatkan contoh kasus nyata dimana dengan dukungan yang tepat, obesitas dapat diatasi. Kami berharap, melalui film ini, para penderita obesitas di Indonesia terinspirasi dan terdorong untuk mencari dukungan yang tepat sehingga mereka dapat mewujudkan hidup yang lebih sehat”, ujar Jastis.(Foto : Istimewa)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: